Tips Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Ramuan Sederhana – Ada cukup banyak masalah yang harus dihadapi setiap hari jika menyangkut soal rambut. Apakah itu terlalu berminyak, terlalu kering, terlalu datar, terlalu tebal, terlalu keriting, dan atau terlalu lurus? Maka, tentu saja, selalu ada ketombe yang ditakuti. Sulit untuk melewatkan serpihan putih kecil yang menempel di kulit kepala Anda. Tetapi sementara kondisinya sangat umum, itu juga bisa sulit untuk diobati.

Apabila Anda termasuk yang sering mengalami masalah ketombe di kepala dan sudah mencoba berbagai merek sampo namun tidak secara maksimal dapat membasmi ketombe yang membandel di kepala, ada baiknya Anda mencoba tips cara menghilangkan ketombe dengan ramuan sederhana ala rumahan seperti pada artikel yang anda simak berikut ini.

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Aman dan Ampuh

Ketombe adalah kondisi umum yang mempengaruhi kulit kepala. Ini menyebabkan kulit kepala menjadi gatal diikuti oleh serpihan kulit mati. Ini biasanya dimulai sekitar pubertas dan mulai mereda sekitar usia 50.

Tingkat keparahan ketombe dapat berbeda dari kasus ke kasus. Beberapa kasus kurang agresif dan mudah diobati sementara yang lain mungkin memerlukan pendekatan pengobatan untuk pengobatan.

Kulit Anda terus-menerus menggantikan dirinya sendiri dan sel-sel tua didorong keluar ke tempat mereka mati dan mengelupas. Biasanya, serpihan ini kecil dan tidak terlalu mencolok. Dalam kasus orang-orang dengan ketombe, sel-sel kulit dapat mulai menggantikan lebih cepat daripada siklus normal. Oleh karena itu, kulit yang keluar dari rumpun yang berminyak dan lebih besar dapat terlihat.

Penyebab Munculnya Ketombe

Kulit kering, kepekaan terhadap produk rambut tertentu dan kondisi kulit, seperti eksim atau psoriasis, dapat membuat Anda lebih rentan mengalami ketombe. Dipercaya juga bahwa jamur malassezia dapat memicu ketombe.

Ketombe juga dapat memburuk saat Anda stres atau sakit. Musim dingin yang kering dan dingin juga dapat memicu ketombe atau meningkatkan keparahannya. Diet memainkan perannya, karena kekurangan vitamin B atau seng dapat menyebabkan ketombe juga. Percaya atau tidak, kebersihan juga dapat memengaruhi peluang Anda menghadapi ketombe.

Jadi, jika Anda tergoda untuk mencoba gerakan tanpa kotoran, ingatlah bahwa mencuci rambut lebih jarang dapat secara tidak sengaja menyebabkan minyak dan sel-sel kulit di kulit kepala Anda terkumpul, yang dapat menyebabkan ketombe terlihat.

Sampo terlalu sering, di sisi lain, juga bisa mengeringkan kulit kepala Anda dan menyebabkan ketombe muncul.

Meskipun ada orang yang rentan terhadap ketombe, sebenarnya lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Ini dimulai sedini pubertas dan dapat berlanjut hingga dewasa. Memiliki kulit kepala dan rambut yang berminyak juga dapat meningkatkan kemungkinan kondisi ini.

Berbagai Tanda Munculnya Ketombe

Salah satu tanda utama ketombe adalah kulit kepala yang gatal. Ini biasanya merupakan tanda pertama dan kemudian terlihat serpihan kulit mati. Bercak merah dan berminyak juga bisa muncul dan terasa menggelitik pada kulit. Anda juga bisa merasakan kekeringan, sesak atau iritasi pada kulit kepala Anda. Anda juga dapat mengalami ketombe di alis, rambut dada, area selangkangan, dan ketiak.

Menghilangkan Ketombe Dengan Sampo

Sampo dengan seng pyrithizone sangat populer untuk mengobati ketombe karena mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Sampo berbahan dasar batubara untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit, sampo selenium sulfida untuk memperlambat pertumbuhan sel kulit dan mengurangi malassezia, dan asam salisilat untuk pengelupasan kulit kepala juga menjadi jenis sampo yang direkomendasikan.

Meskipun Anda mungkin perlu bereksperimen dengan sampo yang berbeda untuk menemukan pasangan yang sempurna, ini adalah produk populer untuk membantu kasus ketombe yang lebih ringan.

Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe

Ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri jika sampo khusus tidak berhasil mengusir masalah ketombe di kepala Anda, yaitu dengan mencoba ramuan ala rumahan. Hanya saja jika Anda mencoba pengobatan rumahan ini selama dua minggu atau lebih tanpa melihat perubahan, Anda harus mencari nasihat medis profesional untuk segera mengatasinya.

  • Teh Hijau

Campurkan teh hijau, minyak esensial peppermint, dan cuka putih, lalu pijat di kulit kepala Anda selama lima menit. Kemudian, bilas dengan sampo dan kondisioner bebas sulfat. Teh hijau dan minyak esensial peppermint memiliki antioksidan dan sifat anti-mikroba yang dapat mempromosikan kulit kepala yang sehat dan juga kondisi rambut Anda sehingga tidak kering atau teriritasi.

  • Cuka Sari Apel

Encerkan cuka dengan bagian air yang sama. Gunakan campuran ini sebagai pengganti sampo Anda. Cuka sari apel dapat membunuh jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Ini memberikan bantuan dari rasa gatal dan dapat membantu meredakan ketombe.

  • Minyak Kelapa

Campurkan 5-10 tetes minyak pohon teh dengan 5 sendok makan minyak kelapa. Oleskan campuran ke kulit kepala Anda di malam hari sambil dipijat-pijat dan kemudian bilas di pagi hari atau jika Anda terdesak waktu, biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas. Minyak kelapa juga melawan jamur, yang dapat membantu menghilangkan ketombe. Minyak pohon teh akan membantu mengembalikan kilau ke rambut Anda.

  • Jus Lemon

Pijat 2 sendok makan jus lemon ke kulit kepala Anda dan diamkan sebentar. Lalu, campur 1 sendok teh jus lemon dan 1 gelas air. Bilas rambut Anda dengan campuran tersebut. Ulangi tepat sebelum mandi harian untuk hasil terbaik.

Jus lemon segar mengandung asam yang membantu memecah jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Ini juga tidak memiliki bahan kimia yang keras di dalamnya, yang dapat membahayakan kulit kepala Anda.

  • Baking Soda

Basahi rambut Anda dan taburkan 1 sendok makan baking soda di sepanjang kulit kepala Anda. Diamkan sebentar dan cuci bersih. Anda juga bisa keramas setelah dibilas hingga bersih. Soda kue berkelahi melawan jamur yang terlalu aktif dan dapat membantu mengelupaskan kulit kepala Anda tanpa menyebabkan iritasi. Soda kue juga menyerap kelebihan minyak.

Loading...