Inilah Beberapa Tips Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak di Rumah

Tips Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak – Suatu hari mesin cuci Anda dengan setia membersihkan pakaian Anda, dan Anda bahkan nyaris tidak memikirkan operasinya. Kemudian, sejumlah skenario terjadi. Mungkin baskom mesin diisi dengan air tetapi tidak ada aliran air yang mengalir. Atau Anda mengurasnya tetapi tidak berputar. Atau pakaian dicuci tetapi tidak terlalu bersih. Singkatnya, mesin cuci Anda tidak berfungsi seperti semestinya atau harus segera ditangani dengan cara memperbaiki mesin cuci rusak secara tepat.

Untuk mesin yang bekerja sangat keras, tidak mengherankan bahwa mesin cuci pakaian Anda kadang-kadang akan rusak atau kinerjanya akan menurun ke titik di mana pakaian tidak cukup bersih. Alih-alih memanggil teknisi alat mahal, Anda dapat memperbaiki mesin cuci Anda sendiri. Sebagian besar perbaikan ini hanya memerlukan alat sederhana dan dapat dilakukan oleh pemilik rumah yang hanya memiliki keterampilan perbaikan alat terbatas.

Inilah Beberapa Tips Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak di Rumah

7 Tips Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak

  1. Mesin Cuci Tidak Menyala

Ini adalah kerusakan mesin cuci yang paling dasar, yaitu mesin tidak mau hidup. Anda telah meletakkan pakaian di baskom mesin cuci, menekan tombol ON atau memutar tombol, dan kemudian tidak ada yang terjadi.

Periksa kabel daya di belakang mesin cuci untuk memastikannya terpasang. Karena gerakan mesin cuci yang kuat, terutama ketika beban tidak seimbang, mesin dapat bergerak. Ketika sebuah mesin bergerak, itu mungkin secara tidak sengaja mencabut kabel listrik. Tali yang telah disingkat dengan ikatan tidak memberi. Dalam hal ini, lepaskan tali agar lebih fleksibel.

Apakah pemutus sirkuit ke mesin cuci terlepas? Untuk mengatur ulang pemutus arus, temukan panel layanan listrik. Temukan pemutus sirkuit yang tepat, balik ke arah OFF, dan kemudian kembali ke posisi ON.

Pemogokan tutup mesin cuci loader depan Anda mungkin rusak. Ini adalah area kusen pintu yang berkomunikasi dengan mesin bahwa pintunya tertutup dengan benar dan tidak apa-apa untuk mulai mengisi dengan air. Tutup tutupnya dan perhatikan ketika bagian di pintu terhubung dengan bagian pada mesin. Bagian atas harus duduk ke bagian bawah.

Sakelar tutup mesin cuci top loader Anda mungkin rusak. Anda dapat menguji ini dengan menyetel mesin ke ON dan kemudian mendorong ke dalam lubang dengan ujung pulpen yang tumpul. Jika berfungsi dengan benar, air akan mulai mengisi meskipun tutupnya terbuka.

  1. Hasil Cucian Kurang Bersih

Ini mungkin salah satu masalah mesin cuci pakaian yang lebih membuat frustrasi karena Anda menyadarinya hanya setelah menjalankan pakaian melalui siklus penuh. Setelah mencuci pakaian Anda, Anda menghapusnya dan menemukan pakaian Anda seharusnya bersih ditutupi serat, rambut, dan puing-puing ringan lainnya.

Hindari membebani mesin cuci Anda secara berlebihan. Mesin cuci yang terlalu penuh tidak memiliki cukup ruang untuk air bilasan bersih untuk mengeluarkan deterjen dan kotoran. Konsultasikan manual pemilik Anda untuk maksimum memuat spesifik.

Gunakan lebih sedikit deterjen. Terlalu banyak deterjen dapat mengembalikan serat dan kotoran lainnya ke pakaian, daripada menariknya keluar.

Cuci barang-barang yang berhubungan dengan hewan peliharaan seperti selimut, tempat tidur kucing dan anjing, dan kunyah mainan secara terpisah dari pakaian lainnya. Jika beban hewan peliharaan sangat kotor, bersihkan bak mesin cuci dengan tangan setelah pencucian.

  1. Mesin Cuci Tidak Berputar

Dengan masalah mesin cuci yang terlalu umum ini, baskom sudah kehabisan air tetapi tidak mau berputar. Memutar dengan kecepatan tinggi adalah tindakan yang memeras air dari pakaian sehingga bisa dikeringkan dalam pengering.

Cobalah untuk mendistribusikan kembali pakaian di dalam bak mesin cuci. Ketika mesin cuci tidak seimbang, mesin cuci akan otomatis berhenti sampai Anda bisa mendapatkan pakaian kembali seimbang. Setelah mendistribusikan pakaian, tutup kembali tutupnya. Mesin harus mulai berputar secara otomatis jika distribusi beban sudah benar. Beban yang mencakup bahan dengan daya serap tinggi seperti handuk, seprai, dan pakaian tebal seperti jeans dan sweater sering menjadi tidak seimbang.

Periksa level mesin di lantai. Mesin di luar level akan berhenti berputar; tindakan ini diprogram ke dalam mesin cuci pakaian Anda untuk keamanan. Periksa level mesin dengan level gelembung dan bawa mesin kembali ke level dengan menyesuaikan kaki.

Periksa drainase dan selang pembuangan. Benda-benda kecil dapat menyumbat sistem drainase mesin. Anda mungkin dapat memeriksa pompa pembuangan washer tanpa melepasnya. Akhirnya, selang drainase yang mengarah dari bagian belakang mesin ke titik drainase dapat tersumbat.

  1. Mesin Cuci Mengeluarkan Bunyi Keras

Salah satu masalah mesin cuci yang lebih menyebalkan adalah ketika mesin cuci mengeluarkan bunyi berdebam, menggiling, atau mengetuk selama siklus agitasi atau putaran. Perbaiki masalah ini sesegera mungkin, karena gerakan yang salah dapat merusak mesin cuci dan menciptakan masalah baru.

Bantalan bak, yang terletak tepat di bawah bak, dapat aus dan perlu diganti.

Jika mesin cuci mengeluarkan suara berdecit, bantalan tabung mungkin perlu dilumasi.

Belt atau katrol penggerak motor mesin cuci mungkin aus. Ini adalah perbaikan yang agak terlibat, di mana Anda perlu membongkar bagian penting dari mesin untuk sampai ke motor.

Sabuk katrol pompa bisa retak, berjumbai, atau tidak berbentuk. Seringkali ikat pinggang akan berbau seperti karet terbakar juga.

  1. Mesin Cuci Tidak Berputar

Satu masalah umum yang terkait dengan mesin cuci: Bak atau bak mesin mengisi dengan air tetapi agitator pusat tidak bergerak.

Agitasi adalah gerakan bolak-balik yang membersihkan pakaian. Tindakan ini dilakukan oleh perangkat berbentuk kerucut plastik pusat yang disebut agitator. Roda pengarah plastik kecil menghubungkan bagian atas agitator dengan bagian bawah. Buka tutupnya saat mesin dalam mode agitasi. Tekan sakelar penutup dengan ujung pena yang tumpul sehingga mesin tidak berhenti saat tutupnya terbuka. Jika mesin membuat suara agitasi normal atau bahkan suara gerinda, namun agitator tidak bergerak, roda gigi dapat aus atau rusak dan perlu diganti.

Motor pencuci mesin Anda mungkin terpengaruh oleh lonjakan daya dan perlu diatur ulang. Semua merek memiliki prosedur pengaturan ulang yang berbeda; periksa manual pemilik Anda untuk informasi yang mungkin tentang pengaturan ulang motor. Sebagai contoh, banyak mesin cuci General Electric mengharuskan Anda mencabut mesin, pasang kembali, kemudian angkat dan turunkan tutupnya enam kali dalam waktu 12 detik, naikkan tutupnya minimal 2 inci untuk memutus sakelar sambungan magnet.

  1. Tidak Dapat Menguras Air Pada Mesin Cuci

Banyak pemilik rumah memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan dengan mengangkat tutup mesin cuci, hanya untuk menemukan pakaian mengambang di bak berisi air abu-abu keruh. Jika Anda menangkap mesin cukup awal, airnya masih panas atau suam-suam kuku.

Pompa mesin Anda mungkin tersumbat dengan selembar kain atau benda lain yang berhubungan dengan pencucian. Bailirkan air dengan gelas ukur dapur dan cabut steker mesin. Lepaskan sekrup di panel depan. Miringkan mesin dan menopang bagian depan mesin dengan merangkak dua atau bata untuk akses yang lebih mudah. Rumah pompa mesin Anda mungkin mudah terlihat, membuatnya mudah untuk menilai apakah Anda memiliki sumbatan di pompa. Jika demikian, gunakan tang untuk mengurai sumbatan dari pompa dengan lembut.

Sebagai alternatif, penyumbat dapat terletak di tabung bergelombang yang mengarah ke pompa. Cabut tabungnya. Siapkan ember atau tong di dekatnya, karena tabung ini akan diisi dengan air. Kuras airnya. Jika ada penyumbat di selang, biasanya di ujung selang. Tarik dengan tangan atau dengan tang.

  1. Mesin Cuci Bergetar Terlalu Keras

Ketika mesin cuci Anda berjalan, terutama selama siklus putaran, mesin itu mungkin bergetar atau bergetar terlalu kencang sehingga membuat posisinya bergeser dengan sendirinya. Ini dapat diucapkan jika Anda memiliki mesin efisiensi tinggi, yang memiliki siklus putaran lebih cepat daripada mesin pemuatan atas.

Mesin Anda mungkin perlu diseimbangkan kembali. Gunakan level gelembung untuk menilai level mesin dari sisi ke sisi dan dari depan ke belakang. Sesuaikan ulang level mesin dengan memutar kaki mesin ke atas atau ke bawah. Berbeda dengan pengering, yang hanya memiliki dua kaki depan yang dapat disesuaikan, sebagian besar mesin cuci memiliki empat kaki yang bisa disesuaikan.

Dengan kombinasi pengering-mesin cuci susun, tali koneksi mungkin sudah kendur, menyebabkan unit goyang dengan keras. Ini bisa menjadi situasi yang berbahaya, karena pengering mungkin jatuh dari mesin cuci. Kencangkan tali koneksi atau ganti jika perlu.

Penyebab klasik dan paling mudah diperbaiki dari mesin cuci pakaian yang gemetar adalah beban yang tidak seimbang. Gantungkan benda-benda berat dan panjang di sekitar agitator pusat sehingga tidak dikelompokkan di satu sisi. Pindahkan item besar ke sisi lain dari item yang sama besar.

Pertimbangkan untuk membeli bantalan anti-getaran. Pengujian secara independen telah menunjukkan bahwa bantalan yang tebal 3 inci melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mematikan getaran dan getaran keras. Meskipun tidak murah, bantalan ini bisa menjadi alat yang berharga untuk mengurangi transmisi getaran mesin cuci ke rumah Anda.

Loading...