Penyebab Keringat Dingin dan Upaya Penanggulangannya

Penyebab Keringat Dingin dan Upaya Penanggulangannya – Keringat dingin terjadi ketika Anda tiba-tiba merasakan hawa dingin di tubuh Anda yang terjadi bersamaan dengan keringat yang tidak normal, terlepas dari seberapa panas atau dinginnya itu di lingkungan Anda.

Keringat dingin biasanya muncul di telapak tangan, ketiak, dan telapak kaki. Tidak seperti keringat normal, keringat dingin bukan hasil dari olahraga berat atau suhu tinggi. Mereka juga berbeda dari keringat malam.

Penyebab Keringat Dingin dan Upaya Penanggulangannya

Dengan keringat malam, Anda akan sering terbangun di tengah malam dengan lapisan keringat di seluruh tubuh Anda, dan pakaian, seprai, dan selimut Anda mungkin terasa lembab atau basah. Keringat malam hanya terjadi saat Anda tidur.

Keringat dingin biasanya tidak terjadi di seluruh tubuh Anda dan tidak terbatas pada saat Anda berada di tempat tidur atau tidur di malam hari.

Apa yang menyebabkan keringat dingin?

Keringat dingin dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang berbeda. Mereka sering dikaitkan dengan respons “lawan atau lari” tubuh Anda. Ini terjadi ketika tubuh Anda mempersiapkan diri untuk melarikan diri atau terluka.

Mereka juga umum untuk kondisi yang mencegah oksigen atau darah dari beredar di seluruh tubuh Anda.

Syok

Shock terjadi ketika tubuh Anda bereaksi terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem atau cedera parah. Ketika tubuh Anda mengalami syok, organ Anda tidak menerima oksigen atau darah sebanyak yang mereka butuhkan untuk berfungsi. Jika tubuh Anda berada dalam kondisi syok terlalu lama, organ-organ Anda bisa terluka. Dalam beberapa kasus, syok bisa berakibat fatal jika tidak diobati.

Gejala lain termasuk kulit pucat abnormal, pernapasan cepat, denyut nadi tinggi, merasa sakit atau muntah, pupil besar (melebar) abnormal, merasa lemah atau lelah, merasa pusing, dan kecemasan abnormal atau perasaan stres.

Infeksi atau sepsis

Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang jaringan tubuh Anda. Dalam banyak kasus, infeksi menyebabkan jaringan Anda meradang ketika sistem kekebalan Anda mencoba melawan infeksi.

Sepsis terjadi ketika sistem kekebalan Anda merespons infeksi bakteri atau virus yang serius di perut, paru-paru, sistem kemih, atau jaringan tubuh utama lainnya. Dengan sepsis, peradangan dapat terjadi di seluruh tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan darah Anda menggumpal atau keluar dari pembuluh darah Anda. Ini mempersulit organ Anda untuk mendapatkan darah dan oksigen segar, yang dapat menyebabkan keringat dingin.

Sepsis bisa mengancam jiwa. Segera cari bantuan medis darurat jika Anda memiliki keringat dingin dengan gejala-gejala berikut seperti demam tinggi, dingin dan menggigil, kebingungan atau disorientasi, pernapasan cepat, denyut nadi tinggi tidak normal, kesulitan bernapas, kehilangan kesadaran, dan mual atau vertigo.

Mual hanya merasa seperti Anda sakit dan akan muntah, meskipun Anda tidak selalu muntah ketika merasa mual. Mual dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti makan terlalu banyak atau karena mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Vertigo adalah pusing yang dihasilkan dari perasaan seperti ruangan di sekitar Anda bergerak ketika sebenarnya tidak. Ini sering disebabkan oleh masalah dengan telinga bagian dalam Anda dan hubungannya dengan otak.

Temui dokter Anda jika Anda melihat gejala-gejala vertigo yang umum, termasuk gerakan mata berkedut (nystagmus), penglihatan buram (diplopia), kesulitan berjalan, kelemahan atau mati rasa yang tidak normal, dering di telinga (tinnitus), kesulitan berbicara atau mencibir ucapan Anda, dan pingsan.

Pingsan (sinkop) terjadi ketika Anda tidak mendapatkan cukup oksigen ke otak Anda. Keringat dingin dapat terjadi tepat sebelum atau setelah Anda pingsan.

Pingsan karena kehilangan oksigen otak dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk mengalami dehidrasi, menjadi terlalu panas atau terlalu banyak berkeringat karena olahraga atau suhu eksternal, darah tidak mengalir keluar dari kaki Anda dengan cukup cepat (penggumpalan), terlalu lelah, mengalami kelelahan. kondisi jantung tertentu yang menyebabkan jantung Anda berdetak terlalu cepat atau terlalu lambat. Temui dokter Anda segera jika Anda berpikir kondisi jantung mungkin menyebabkan Anda pingsan.

Nyeri hebat akibat cedera

Rasa sakit yang disebabkan oleh cedera, seperti patah tulang atau terkena di kepala, dapat menyebabkan keringat dingin, mirip dengan cara syok dapat menyebabkan keringat karena organ Anda tidak mendapatkan cukup oksigen.

Minum obat penghilang rasa sakit, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil), dapat membantu meringankan rasa sakit yang hebat dan menghentikan keringat dingin. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengambil NSAID untuk memastikan mereka pilihan yang aman bagi Anda.

Stres atau kecemasan

Stres atau kecemasan yang disebabkan oleh tanggung jawab yang berlebihan di rumah, di tempat kerja, atau di sekolah dapat memicu keringat dingin.

Gejala lain dapat termasuk nyeri yang tidak dapat dijelaskan, muntah, dan otot tegang.

Efek-efek ini adalah hasil dari stres yang ditimbulkan kecemasan pada tubuh, yang dapat mencegah oksigen masuk ke otak atau organ-organ lain.

Memiliki gangguan kecemasan dapat mengganggu hidup Anda dan menyebabkan efek kesehatan jangka panjang. Temui dokter Anda jika Anda yakin memiliki gangguan kecemasan. Mereka mungkin merujuk Anda ke terapis atau psikiater untuk menilai penyebab stres atau kecemasan Anda.

Migrain

Migrain adalah jenis sakit kepala yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah untuk waktu yang lama. Keringat dingin biasanya terjadi selama migrain karena tubuh Anda merespons rasa sakit.

Migrain dapat melemahkan dan mengganggu hidup Anda. Temui dokter Anda jika migrain Anda membuat Anda tidak melakukan tugas sehari-hari atau jika Anda melihat salah satu dari gejala berikut seperti kesulitan berbicara, memiliki penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan, merasa mati rasa atau lemah di satu sisi tubuh Anda, mendengar suara yang muncul ‘ Ini nyata, merasa sangat sensitif terhadap suara atau cahaya, merasa pusing, bingung, atau bingung.

Hipoksia

Hipoksia berarti tidak cukup oksigen yang masuk ke organ-organ dalam tubuh Anda. Ini bisa disebabkan karena tidak menghirup oksigen yang cukup. Ini bisa terjadi ketika Anda menghirup asap atau pergi ke tempat yang tinggi di mana pasokan udara berkurang.

Ketika otak Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup, itu disebut hipoksia serebral. Karena otak Anda kekurangan oksigen, tubuh Anda merespons dengan keringat dingin dan gejala mental lainnya, seperti kesulitan berjalan atau mengendalikan gerakan tubuh lain, sulit memperhatikan, kehilangan kemampuan menghakimi, dan kesulitan bernapas.

Hipoksia berat dapat menyebabkan Anda kehilangan kesadaran atau koma. Segera cari pertolongan medis darurat jika hipoksia menyebabkan Anda kehilangan kendali atas tubuh Anda atau merasa ingin pingsan.

Hipotensi

Hipotensi terjadi ketika tekanan darah Anda turun ke tingkat yang jauh lebih rendah dari biasanya. Tekanan darah rendah adalah normal ketika Anda tidur atau melakukan sedikit aktivitas, tetapi hipotensi dapat menjadi serius ketika itu menyebabkan otak atau organ Anda yang lain tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Gejala umum hipotensi lainnya termasuk merasa pusing atau bingung, memiliki pandangan kabur, pingsan tanpa peringatan, merasa lelah, merasa mual.

Tubuh Anda bisa syok jika tekanan darah Anda turun cukup rendah. Segera cari bantuan medis darurat jika ini terjadi.

Mati haid

Menopause terjadi ketika keseimbangan dua hormon tubuh, estrogen dan progesteron, berubah secara dramatis dan siklus menstruasi Anda berakhir.

Seiring dengan hot flash yang tiba-tiba, keringat dingin adalah salah satu gejala fisik menopause yang paling mencolok.

Gejala umum lainnya dari menopause termasuk mengalami perubahan dalam siklus menstruasi Anda, mengalami kesulitan mengendalikan buang air kecil Anda, mengalami kesulitan tidur, mengalami perubahan suasana hati atau keadaan mental Anda, menambah berat badan, merasa kurang senang saat berhubungan seks karena kekeringan vagina atau perubahan hormon.

Hyperhidrosis

Hyperhidrosis adalah nama lain untuk keringat berlebih. Hiperhidrosis dapat terjadi ketika Anda berkeringat karena olahraga atau panas, tetapi keringat dingin yang sering disertai hiperhidrosis juga dapat terjadi tanpa peringatan.

Hyperhidrosis biasanya tidak memprihatinkan, terutama jika itu terjadi tanpa gejala lain. Ini dapat diturunkan dalam keluarga, jadi itu mungkin hanya disebabkan oleh gen Anda dan bukan kondisi kesehatan yang mendasarinya. Jika hiperhidrosis mengganggu hidup Anda, temui dokter Anda.

Hipoglikemia

Dengan hipoglikemia, gula darah Anda turun di bawah tingkat normal. Tubuh Anda bereaksi terhadap kekurangan gula darah seperti halnya kekurangan oksigen.

Jika Anda menderita diabetes, segera cari bantuan medis darurat untuk mengembalikan kadar glukosa darah Anda. Makan atau minum makanan dan minuman manis, seperti bar pengganti makanan atau jus buah, juga dapat membantu mengembalikan gula darah dalam waktu singkat.

Apakah itu serangan jantung?

Keringat dingin bisa menjadi salah satu tanda pertama serangan jantung. Cari bantuan medis darurat segera jika Anda tiba-tiba berkeringat dingin bersama dengan gejala-gejala berikut ini seperti rasa tidak nyaman atau sakit di dada Anda yang terasa seperti menarik, meremas, atau kembung, kesulitan bernapas, ketidaknyamanan atau sakit di leher, rahang, perut Anda , atau punggung, pusing atau pusing, perasaan bahwa Anda akan pingsan.

Pilihan pengobatan

Perawatan tergantung pada apa yang menyebabkan keringat dingin Anda. Minum banyak air sepanjang hari dapat mencegah Anda mengalami dehidrasi. Berolahraga secara teratur dan menghindari kebiasaan seperti merokok atau minum alkohol berlebihan dapat mencegah keringat dingin.

Dalam beberapa kasus di mana pasokan oksigen Anda rendah, menarik napas dalam-dalam dapat membantu memulihkan pasokan oksigen darah Anda. Teknik meditasi dan relaksasi dapat membantu menenangkan kecemasan atau stres dan membantu Anda menarik napas kembali. Anda dapat bermeditasi di mana saja, dan posisi ini dapat membantu membimbing latihan di semua tingkatan.

Kondisi yang mendasarinya dapat dikelola dengan obat-obatan, termasuk antiperspirant yang diresepkan, penghambat saraf yang menghentikan saraf Anda dari memberitahu otak Anda untuk menyebabkan keringat, antidepresan, suntikan Botox, yang juga dapat memblokir saraf yang memberitahu otak Anda untuk menyebabkan keringat.

Kapan menemui dokter Anda

Jika tubuh Anda mengalami syok, terinfeksi, atau cedera serius, perhatian medis darurat diperlukan untuk mencegah kerusakan jangka panjang. Anda juga harus mencari perhatian medis darurat jika Anda merasa mengalami serangan jantung.

Anda juga harus mengunjungi dokter jika kuku atau bibir Anda berwarna kebiruan, merasa sesak di tenggorokan, merasa sangat tidak waspada dari biasanya, muntah darah atau mengeluarkan darah saat buang air besar

Jika keringat dingin Anda disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, seperti kecemasan atau menopause, dokter Anda dapat bekerja dengan Anda untuk mengembangkan rencana manajemen gejala. Mereka adalah sumber daya terbaik Anda untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang diharapkan dan bagaimana cara mengatasi gejala apa pun yang Anda alami.

Loading...