Kelebihan dan Kekurangan Mobil SUV dan Jenis Mobil Lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Mobil SUVSeperti banyak keluarga, pada titik tertentu, Kamu mungkin terlibat dalam perdebatan antara plus minus mobil SUV dan jenis mobil lainnya. SUV dan crossover kini menduduki peringkat teratas dalam popularitas kendaraan. Jenis-jenis kendaraan ini adalah transportasi pribadi yang paling dicari dan diinginkan dan telah menjadi raja baru di jalan.

Tapi perjalanan mobil SUV dan crossover menuju mobil royalti mengejutkan banyak orang. Sementara keduanya menyelinap ke pasar otomotif dengan begitu santai, keduanya nampak menemukan tempat untuk dimiliki karena dapat mengisi ruang kosong yang belum tentu ada pada mobil jenis sedan dan city car lainnya yang terlalu kecil untuk keluarga.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil SUV dan Jenis Mobil Lainnya

Solusi sempurna untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi. SUV memiliki bagian dalam yang luas namun tetap memiliki tampilan luar yang keren dam garang.Kamu bisa mengendarainya tanpa orang berasumsi bahwa Kamu memiliki rumah yang penuh dengan anak-anak dan area kargo yang penuh dengan mainan, tas popok, atau peralatan kecil lainnya.

Mobil favorit keluarga ini memiliki kapasitas menarik truk kecil tetapi kenyamanan, kemewahan, dan naik mobil yang lebih besar. Kamu bisa berkeliling kota atau keluar jalan. Mobil ini benar-benar sempurna untuk mengangkut keluarga, tetapi juga bagus untuk memancing bersama para pria, ekspedisi berkemah, atau memindahkan barang-barang yang lebih besar. Dan yang terpenting adalah mobil ini memberikan banyak manfaat minivan dengan sedikit lebih banyak kelas, kecanggihan, dan kekuatan juga kenyamanan bagi siapa saja yang menumpanginya.

Manakah yang Terbaik, Mobil SUV atau Jenis Mobil Lainnya?

Jika Kamu memiliki bayi yang Kamu harus masuk dan keluar dari kursi mobil maka minivan dengan pintu geser mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Jika menderek kapal atau keluar jalan di medan yang kasar adalah bagian rutin dari gaya hidup Kamu maka sebuah SUV adalah pilihan logis.

SUV menyediakan lebih banyak ruang kargo dan ruang penumpang daripada kebanyakan mobil, tetapi jika Kamu bepergian untuk bekerja sendiri sebagian besar waktu maka mobil jenis ini mungkin terlalu besar untuk keperluan transportasi harian Kamu. Ruang kargo bisa menjadi keuntungan yang besar, tetapi banyak station wagon atau hatchback menawarkan ruang yang sama tanpa bulkiness atau penghematan bahan bakar yang lebih tinggi dari sebuah SUV.

Jika Kamu tinggal di tempat di mana cuaca musim dingin menjadi masalah, maka kekuatan 4 × 4 dan suspensi SUV yang lebih tinggi dapat membantu. Kendaraan yang lebih besar ini juga dapat beroperasi lebih baik di daerah pegunungan, hutan, atau medan yang kasar.

Tapi, pastikan untuk mendapatkan satu peralatan untuk kondisi seperti ini. Banyak penggerak roda depan SUV tidak melakukan yang lebih baik daripada mobil di jalan berbahaya. Jika Kamu melakukan banyak mengemudi di jalan raya maka biaya bahan bakar yang lebih tinggi dari SUV mungkin menjadi masalah.

Namun, jika Kamu sebagian besar berada di sekitar kota maka konsumsi bahan bakar tambahan mungkin tidak menjadi masalah bagi Kamu, tetapi kemampuan manuver bisa terjadi. Jika Kamu perlu berkeliling di daerah padat atau parkir di tempat sempit, maka hanya menggunakan city car biasa mungkin menjadi pilihan yang lebih bijaksana.

Dengan meningkatnya biaya pembelian bahan bakan, banyak orang yang mempertimbangkan jarak tempuh bahan bakar ke dalam keputusan pembelian mobil mereka. Banyak SUV menjadi lebih seperti mobil, dengan mesin yang lebih kecil dan penghematan bahan bakar yang lebih baik. Tapi, SUV masih lebih besar dan lebih berat, yang berarti mobil ini akan lebih mahal untuk beroperasi. Banyak mekanik mengklaim bahwa truk dan SUV lebih mahal untuk dirawat karena Kamu harus mengganti suku cadang seperti ban dan rem lebih sering. Jadi, jika biaya kepemilikan adalah prioritas, maka memiliki mobil jenis city car biasa adalah solusi pilihan terbaik untuk kamu dan keluarga.

Jika Kamu khawatir tentang jejak karbon yang berpotensi mencemari udara sekitar, maka memilih mobil yang sadar bahan bakar adalah pilihan yang lebih baik daripada SUV yang lebih boros bensin. Ya, ada beberapa crossover yang mendapatkan jarak tempuh bahan bakar yang cukup mengesankan, tetapi seperti yang telah disebutkan, mobil ini tidak dapat bersaing dengan banyak mobil atau sedan hemat bahan bakar di pasaran saat ini.

Mobil SUV lebih tinggi dari tanah untuk masuk atau keluar yang lebih mudah dan meningkatkan visibilitas. Banyak orang tidak ingin membungkuk untuk masuk ke mobil mereka, dan menekuk anak-anak juga mungkin lebih mudah di kendaraan yang lebih tinggi. Sementara banyak crossover kecil yang mengemudi seperti city car, sebagian besar memiliki tumpangan yang lebih keras, kemampuan manuver yang lebih rendah, dan tidak merespons juga terhadap gerakan tiba-tiba seperti belokan atau pengereman yang keras.

Sementara kontrol stabilitas yang ditingkatkan dan sistem traksi telah membuat SUV model lama jauh lebih aman daripada pendahulunya, masih ada risiko rollover yang lebih besar sehingga Kamu mungkin ingin memasukkan faktor ini ke dalam keputusan Kamu.

Jika Kamu merasa lebih aman dalam kendaraan yang lebih besar maka sebuah SUV adalah opsi yang bisa kamu ambil. Tetapi jika Kamu lebih suka perjalanan yang mulus dan mewah, maka Kamu akan lebih baik membeli mobil jenis city car lainnya.

Perbandingan Antara Mobil SUV dengan Sedan dan City Car Lainnya

Ada begitu banyak kendaraan di luar sana saat ini sehingga membuat keputusan mobil jenis apa yang harus dibeli terasa cukup sulit. Baik mobil SUV, Crossover maupun sedan dan city car lainnya menawarkan rangkaian pro dan kontra sendiri, dan pilihan yang tepat akan sangat tergantung pada situasi dan prioritas Kamu serta keluarga. Berikut ini adalah beberapa poin kelebihan dan kekurangan dari mobil SUV dan jenis sedan juga mobil biasa lainnya yang bisa kamu komparasikan dan menjadi pertimbangan bagi kamu ketika hendak membelinya.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil SUV

  • Lebih banyak ruang kargo, tempat duduk yang lebih tinggi, visibilitas yang lebih baik, kapasitas penarik yang lebih besar, lebih baik di salju (hanya model 4 × 4), kemampuan off-road, mungkin lebih aman daripada mobil kecil, nilai jual kembali yang lebih baik di pasar saat ini, lebih banyak tempat duduk penumpang, dan lebih banyak ruang kabin (ruang kaki, ruang kepala, dll).
  • Lebih mahal untuk dibeli, masalah stabilitas pada beberapa model, konsumsi bahan bakar lebih rendah, kurang sadar lingkungan, biaya pemeliharaan lebih tinggi (terutama masalah 4X4), dan pengalaman mengemudi yang lebih kaku.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sedan dan City Car Lain

  • Konsumsi bahan bakar lebih baik, lebih mudah parkir dan bermanuver, akselerasi dan kinerja lebih cepat, lebih ramah lingkungan, biaya pemeliharaan lebih rendah dan biaya kepemilikan keseluruhan yang lebih rendah, lebih banyak opsi dan fitur mewah, lebih mulus, dan perjalanan lebih nyaman.
  • Akses terbatas atau terbatas ke kursi belakang, terutama dalam model dua pintu, ruang kargo lebih sedikit di sebagian besar model, kapasitas penarik sedikit atau tidak ada, tidak sebagus di salju, pilihan tempat duduk yang lebih sedikit, dan ruang kabin lebih sedikit.
Loading...