Cara Ampuh Mengobati Mastitis Secara Alami dan Aman

Cara Ampuh Mengobati Mastitis Secara Alami dan Aman – Keluhan pada bagian payudara wanita seperti mastitis adalah nyeri yang bisa saja dialami oleh setiap wanita terutama ibu menyusui. Namun begitu mastitis dapat dicegah sedari dini dengan melakukan beberapa upaya pencegahan seperti menghindari menyusui malas, melewatkan makan, menghindari saluran tersumbat dan lain-lain.

Tidak malas menyusui, tidak terburu-buru sesi menyusui, tidak lewatkan menyusui, mengosongkan setiap payudara setiap sesi untuk menghindari saluran yang tersumbat, tidak mengenakan pakaian ketat atau bra ketat (bra dengan garis bawah) dapat menjadi upaya pencegahan dan mengobati mastitis.

Cara Ampuh Mengobati Mastitis Secara Alami dan Aman

Cobalah untuk tidak mengompres payudara dalam waktu lama, termasuk saat tidur. Untuk kehidupan perjalanan menyusui Anda selalu waspada terhadap tanda-tanda awal saluran tersumbat dan mastitis. Semakin awal Anda melakukan upaya penanganan masitis maka semakin cepat Anda pulih dari keluhan ini.

Mastitis umumnya terjadi pada beberapa minggu pertama menyusui, meskipun Anda bisa mendapatkannya kapan saja saat Anda menyusui . Ini bisa terjadi karena pembatasan aliran susu,  baik itu dari saluran yang tersumbat, menyusui yang jarang, kait yang buruk atau bra yang ketat,  atau dari infeksi yang masuk ke payudara Anda dari puting yang pecah dan masuk ke saluran susu.

Berita baiknya adalah, setelah Anda menyadari tanda-tanda yang harus dicari, Anda dapat mencoba membuat ASI mengalir lagi untuk mencegah mastitis menjadi lebih serius.

Cara Ampuh Mengobati Mastitis Secara Alami dan Aman

  1. Pijatatan

Jika Anda merasakan titik keras pada payudara Anda, mulailah memijatnya segera, lebih disukai saat menyusui. Bintik kecil ini kemungkinan merupakan saluran yang tersumbat, yang lebih mudah dibersihkan sebelum payudara menjadi terlalu membesar dan lunak.

  1. Kompres hangat

Menempatkan panas pada payudara yang membesar akan membantu melunakkan sumbatan dan mendorong ASI mengalir.  Anda bisa beerdiri di bak cuci dan basahi kain muka dengan air keran yang sangat panas untuk membungkus payudara Anda. Kompres hangat bekerja sangat baik untuk membuat ASI mengalir, tetapi juga tidak apa-apa untuk menenangkan payudara Anda setelah menyusui atau memompa dengan kompres dingin juga.

  1. Mandi

Masuk ke pancuran atau bak mandi bisa menjadi cara ideal untuk melembutkan payudara Anda. Ketika merasakan sedikit penyumbatan terbentuk, berdiri di pancuran air panas menghadap semprotan dan membiarkan payudara tersirami air.

  1. Menyusui

Pada akhirnya, Anda perlu mengeluarkan ASI dari payudara Anda untuk mulai merasa lebih baik. Jadi, rawatlah bayi Anda sebanyak mungkin, memastikan ia memiliki kait yang tepat. Beberapa ibu menyusui menggunakan pompa tangan atau pompa listrik untuk membersihkan saluran susu. Mungkin ada berbagai cairan yang keluar dari puting susu Anda setelah Anda mulai membersihkan sumbatan, tetapi segala sesuatu yang keluar aman untuk diminum bayi Anda, kecuali jika berwarna hijau atau berbau busuk, dalam hal ini Anda harus segera konsultasikan ke dokter, karena Anda mungkin memiliki infeksi yang perlu diobati.

  1. Mengobati puting yang rusak

Jika puting susu Anda sakit dan pecah karena ikatan yang buruk, memperlakukan puting susu dengan krim lanolin atau bahkan hanya ASI akan membantunya untuk sembuh dan mengurangi kemungkinan infeksi. Namun, Anda harus memperbaiki kait untuk mencegah kerusakan kembali. Anda mungkin perlu menemui konsultan laktasi untuk mendapatkan bantuan.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh belum tentu dapat menyembuhkan mastitis, tetapi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen seperti vitamin C dan probiotik sehingga tubuh Anda lebih siap untuk melawan infeksi.

  1. Obat buatan sendiri

Walaupun sebaiknya Anda membersihkan payudara sendiri, jika Anda mengalami demam (suhu lebih dari 38 derajat Celcius / 100 derajat Fahrenheit) selama lebih dari 24 jam, disertai dengan gejala mirip flu, Anda harus kunjungi dokter segera untuk mendapatkan antibiotik. Infeksi mastitis yang tidak diobati dapat menyebabkan abses, kumpulan nanah yang menyakitkan yang sulit diobati, dan mungkin perlu dikeringkan dengan pembedahan. Segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Loading...