Cara Menghapus Kontak Telegram di HP Android, iOS dan PC

Cara Menghapus Kontak Telegram di HP Andrid, iPHone dan PC – Telegram merupakan aplikasi pesan singkat yang dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan telah ada sejak Agustus 2013 lalu. Aplikasi yang dapat dijalankan diberbagai perangkat hp dan komputer seperti andrioid, iOS, windows phone, ubuntu touch, ms windows, linux, dan OS X ini memiliki fitur telekomunikasi layaknya whatsapp seperti panggilan suara, video call, mengirim pesan, berbagi foto, video, audio, stiker dan berbagi file lainnya.

Telegram juga memiliki fitur unggulan seperti find people by locarion untuk mencari teman baru, slow mode untuk mengatur pesan masuk di group, merekam video meeting, dan private channel supaya terhindar dari kehilangan data-data penting.

Cara Menghapus Kontak Telegram di HP Android, iOS dan PC

Selain itu, Telegram juga memiliki fitur otomatis berupa penyimpanan nomor kontak yang kemudian akan ditambahkan sebagai teman di akun telegram yang digunakan. Fitur otomatis ini bekerja melalui hp pengguna aplikasi yang telah terintegrasi dengan data kontak pada hp sehingga pada saat membuka aplikasi telegram sobat akan disuguhkan dengan informasi berupa sederet kontak yang telah bergabung dan menggunakan aplikasi pesan singkat ini.

Di satu sisi penambahan kontak telegram secara otomatis dapat memudahkan sobat pengguna telegram dalam urusan komunikasi. Akan tetapi penambahan kontak secara otomatis ini juga akan membuat daftar kontak semakin menumpuk tanpa terfilter oleh sobat sehingga kontak yang dikenal atau tidak, semuanya akan masuk dan tersimpan.

Meski begitu, sobat bisa mengatasi permasalahan kontak telegram yang menumpuk ini dengan cara menghapus kontak telegram sehingga daftar kontak telegram dapat sobat filter hanya kontak yang sobat kenal atau yang ingin dimasukkan pada daftar kontak saja.

Baik itu penggunaan aplikasi telegram melalui perangkat hp android dan iphone atau telegram web dari komputer dan pc, filter kontak telegram dengan menghapus kontak telegram yang tidak begitu dikenal bisa sobat lakukan dengan beberapa cara mudah seperti berikut ini.

Cara Hapus Kontak Telegram di HP Android

Bagi sobat pengguna aplikasi telegram dari hp android bisa mengikuti beberapa langkah seperti:

  • Buka aplikasi telegram.
  • Ketuk garis tiga yang ada pada sudut kiri atas layar.
  • Pilih Contacts .
  • Pilih kontak yang ingin sobat hapus. Lalu telegram akan mengarahkan sobat pada kolom chat sesuai kontak yang telah dipilih.
  • Ketuk profil kontak yang ada di bagian atas kolom chat.
  • Ketuk titik tiga di sudut kanan atas layar.
  • Pilih Delete contact. Pada layar hp sobat akan muncul pertanyaan penghapusan kontak, silahkan pilih DELETE.

Dengan memilih delete, kontak tersebut akan secara permanen hilang dari kontak telegram sobat.

Cara Hapus Kontak Telegram di HP iPhone

  • Buka telegram.
  • Ketuk Contacts. Secara otomatis telegram akan menampilkan data kontak secara lengkap dari mulai nama, status terakhir aktif juga jumlah kontak yang ada.
  • Pilih kontak yang ingin sobat hapus.
  • Ketuk kontak untuk masuk ke kolom chat dan ketuk nama pengguna untuk melihat profilnya.
  • Kemudian pilih edit pada kanan atas layar.
  • Ketuk Delete contact.
  • Pilih delete contact untuk konfirmasi penghapusan kontak telegram.

Dengan cara menghapus kontak telegram di hp iphone seperti di atas, kontak tersebut hanya akan tampil nomor kontaknya saja.

Cara Hapus Kontak Telegram di PC

Terlebih dulu sobat harus masuk akun telegram via browser di komputer atau laptop sobat. Silahkan kunjungi laman web.telegram.org lalu scan QR Code untuk login ke akun telegram sobat.

Cara Menghapus Kontak Telegram di PC

  • Masuk ke akun telegram web dan login akun (Setting > Devices > Link Desktop Device).
  • Jika sobat mengaktifkan 2 langkah verifikasi, maka akan muncul kolom untuk memasukan kodenya. Setelah itu sobat akan bisa masuk ke akun telegram sobat.
  • Jika sobat tidak mengaktifkan 2 langkah verifikasi, ikuti panduan yang muncul di layar pc sobat untuk mendapatkan kode akses masuk ke akun telegram sobat via telegram web.
  • Setelah berhasil login, telegram web akan menampilkan deretan kontak telegram dan sobat bisa mulai memilih kontak mana saja yang ingin dihapus.
  • Pilih kontak yang ingin dihapus dan klik profil kontak. Akan muncul profil pada sisi kanan layar.
  • Klik icon pensil dan akan muncul laman edit profil. Silahkan sobat pilih delete contact yang ada dibagian paling bawah.
  • Klik delete contact untuk konfirmasi penghapusan kontak. Selesai.

Cara Hapus Kontak Instagram Secara Bersamaan

Berbeda dengan tampilan telegram sebelumnya di mana sobat bisa delete contact secara bulk melalui menu delete yang tersedia, untuk tampilan telegram terupdate sudah tidak bisa lagi menghapus banyak kontak dengan sekali klik delete. Untuk tetap dapat menghapu kontak telegram, sobat harus melakukannya satu per satu pada tiap kontak yang ingin dihapus. Untuk langkahnya sama seperti delete contact melalui aplikasi telegram di hp atau juga telegram web di browser.

Cara Agar Telegram Tidak Terhubung Dengan Kontak HP

Untuk menghapus sync atau sinkronisasi kontak telegram di hp android sehingga telegram tidak mengumpulkan kontak secara otomatis dari hp sobat, berikut ini adalah beberapa langkahnya.

Cara Agar Telegram Tidak Terhubung Dengan Kontak HP

Masuk ke App Info

Tekan icon aplikasi telegram di hp sobat sampai muncul menu Share, App info dan Uninstall. Pillih App info.

Masuk ke App Permission

Pada halaman App info, sobat akan melihat banyak data yang tersedia dari mulai storage, data usage, battery, autostart, app permission, notification dan lain-lain. Silahkan sobat pilih App permission untuk menyetel ulang  sinkronisasi kontak hp dengan telegram.

Pilih Contacts

Setelah berhasil masuk ke halaman app permission, ada banyak pilihan menu di sana. Silahkan sobat pilih Contacts.

Pilih Deny

Setelah itu sobat akan dihadapkan pada pilihan akses kontak untuk aplikasi telegram berupa Allow dan Deny. Silahkan sobat pilih Deny  untuk menolak telegram melakukan akses secara otomatis ke kontak hp sobat.

Buka Telegram

Selanjutnya sobat buka aplikasi telegram dan masuk ke Settting.

Disable Sync Contacts

Kemudian masuk ke menu Privacy and Security. Pada bagian Contacts, hapus kontak yang sudah tersinkron ke hp (opsional) dengan mengetuk Delete Synces Contacts dan nonaktifkan toggle sinkron kontak dengan melakukan disable Sync Contacts juga Suggest Frequent Contacts.

disable sync contacts telegram

Apabila sobat memutuskan untuk memberi izin akses aplikasi telegram terhubung secara otomatis ke kontak hp, sobat bisa mengatur ulang kembali app permission dengan memilih allow dan mengatur ulang Sync Contacts pada aplikasi. Selamat mencoba.