Cara Membuka Lockscreen Android Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

Cara Membuka Lockscreen Android Terkunci dengan ADB dan Forgot Pattern – Salah satu layanan keamanan yang ada pada android adalah fitur keamanan PIN, pola sandi, dan fingerprint pada saat anda akan melakukan akses pada android. Keamanan tersebut bermacam- macam jenisnya, ada yang menggunakan kombinasi angka, password ataupun membentuk pola yang terdiri dari menggabungkan 9 titik dan scan sidik jari.

Namun terkadang fitur keamanan home lockscreen tersebut juga akan menjadi masalah ketika anda lupa terhadap pola, password dan kombinasi angkanya. Sehingga justru dengna adanya fitur home lockscreen ini anda malah jadi tidak bisa mengakses android anda.

Cara Membuka Lockscreen Android Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

2 Cara Membuka Lockscreen Android Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

Setidaknya terdapat 2 cara yang dapat digunakan untuk mengatasi lockscreen Android yang terkunci yaitu dengan menggunakan ADB dan dengan memanfaatkan fitru Forgot Pattern.

Untuk lebih jelas di bawah ini akan disampaikan ulasan mengenai kedua cara tersebut:

  1. Cara Mengatasi Lockscreen Android Terkunci Menggunakan ADB

Untuk cara pertama yang dapat dilakukan ketika anda lupa dengan password pada home lockscreen adalah dengan menggunakan fasilitas laptop atau komputer. Pada laptop atau komputer tersebut sudah tersedia sebuah layanan yang bernama CMD. CMD ini berfungsi untuk menghapus file lockscreen menjadi autolock. Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Gunakan kabel data untuk menyambungkan android anda pada laptop atau komputer.
  • Setelah terhubung, anda masuk ke kolom pencarian pada laptop atau komputer kemudian ketik Run dan tekan Enter.
  • Setelah masuk, anda ketik CMD kemudian tekan Enter lagi.
  • Kemudian masukan kode seperti di bawah ini :

adb shell rm

data

system

gesture.key

Namun jika anda menggunakan pola pattern, anda input kode berikut ini :

adb shell

cd /data/data/com.android.providers.settings/databases

sqlite3 settings.db

update system set value=0 where name=’lock_pattern_autolock’;

update system set value=0 where name=’loclkscreen.lockedoutpermanently’;

quit

  • Selanjutnya anda tinggal melakukan reset android.

Baca Juga :

  1. Cara Mengatasi Lockscreen Android Terkunci Menggunakan Fitur Forgot Pattern

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi lockscreen yang terlupa adalah dengan menggunakan fitur Forgot Pattern. Untuk cara kedua ini hanya dapat digunakan ketika anda menggunakan fitur home lockscreen dengan menggunakan pola yang menyambungkan 9 titip pada halaman awal android anda.

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi lockscreen yang terlupa adalah sebagai berikut :

  • Anda input sembarang pola setidaknya sampai 5 kali hingga muncul notifikasi Try Again in 30 Second, lalu anda pilih Forgot Pattern.
  • Anda pilih Enter Google Account Detail (hanya untuk beberapa merk android saja yang muncul). Jika keterangan di atas tidak muncul anda tinggal mengisi akun email dan password dari akun gmail yang anda miliki.
  • Selanjutnya anda tinggal mengubah lockscreennya.

Dengan menggunakan salah satu cara di atas anda dapat membuka android yang terlupa baik itu password, pattern ataupun kombinasi angkanya. Namun perlu diberikan ketegasan bahwa anda tidak diperkenankan menggunakan cara di atas untuk kepentingan yang tidak baik.

Sebaiknya anda menggunakan cara ini untuk membantu teman atau kerabat yang lupa untuk membuka home lockscreennya.

Sekian sharing tips trik cara membuka lockscreen android terkunci dari Alektro.com. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...