Cara Cek Nomor KK Online dari Nama di Kartu Keluarga Cepat Mudah

Cara Cek Nomor KK Online dari Nama di Kartu Keluarga Cepat Mudah – Peran kartu keluarga (KK) memang sangat penting dan menjadi dokumen wajib dimiliki oleh suatu keluarga sebagai kebutuhan kelengkapan berkas dalam berbagai hal. Misalnya saja pembuatan KTP, pendaftaran tepelon baru, pengajuan BPJS dan lain-lain.

Salah satu data yang sangat penting dari kartu kelaurga adalah nomor KK. Nomor ini biasanya yang akan dipinta ketika mengisi suatu berkas aplikasi. Namun bagaimana jika ternyata kita tidak tahu nomor KK padahal sedang memerlukannya.

Cara Cek Nomor KK Online dari Nama di Kartu Keluarga Cepat Mudah

Tidak hafal nomor KK memang dianggap wajar karena digitnya yang banyak dan rangkaian nomornya memang tidak beraturan. Terus bagaimana supaya bisa mengetahui nomor kk padahal kartu kk tidak sedang di bawah?

Cara cek nomor kk online bisa menjadi solusi ketika anda ingin melihat nomor kartu keluarga yang memang anda sendiri tidak hafal dan tidak sempat membawa dokumen asli atau duplikatnya di dompet, saku atau tas anda.

Kartu kk memang bukan menjadi berkas yang di bawa setiap hari seperti halnya KTP, SIM dan ATM. Dengan alasan takut hilang jika di bawa ke mana-mana. Mengingat proses pembuatan kartu KK memang cukup alot dan harus melewati beberapa tahap yang terkadang cukup menguras waktu.

Meski begitu sebenarnya anda bisa memfotokopi kartu kk dan menyimpan duplikatnya di dompet dengan melipatnya rapi agar nanti ketika dibutuhkan nomornya tidak kesusahan.

Atau anda juga bisa menyalin dengan scan kartu kk dan mengambil file softcopy nya untuk di upload di penyimpanan data online agar nanti bisa dengan mudah dilihat. Penggunaan smartphone dengan koneksi internet yang sudah merata tentu akan lebih memudahkan urusan download upload berkas. Apalagi sudah banyak situs penyedia penyimpanan data online yang bisa diakses secara gratis dan mudah.

 Cara Cek Nomor KK Online dari Nama di Kartu Keluarga Cepat Mudah

Status anggota keluarga bisa menjadi legal dan diakui apabila sudah tercantum dalan kartu keluarga. Sehingga apabila ada anggota keluarga baru, kepala keluarga harus memperbarui informasi terkait anggota keluarga baru supaya masuk dalam data keluarga di kartu keluarga.

Begitu juga dengan status anggota keluarga. Apabila terjadi perubahan pada status perkawinan, status pekerjaan, status pendidihakn dan  pindah domisili maka harus diajukan pembaruan kartu keluarga.

Kartu keluarga yang dirilis memiliki nomor seri yang berbeda-beda dan terkadang bisa berubah apabila dilakukan pembaruan pada dokumen tersebut. Nomor seri ini terdiri dari 16 angka dari kombinasi nomor seri keluarga, tanggal pencetakan dan kode wilayah.

Pembuatan kartu keluarga baru bisa melibatkan RT/RW dan Kelurahan setempat dalam proses pembuatan KK dengan lampiran keterangan meliputi KTP, surat nikah, akta kelahiran, dan keterangan pindah domisili.

Cara cek nomor kk online bisa coba anda lakukan dengan mengunjungi situs web resmi Dukcapil. Hanya saja alamat situs web ini akan berbeda-beda untuk tiap daerahnya. Di sini dicontohkan cara cek nomor kk online untuk daerah Kalimantan Barat. Anda bisa mengunjungi alamat http://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk untuk memeriksa data kartu keluarga anda secara online.

cara cek ktp online

Singkat kata, sebelum mencoba cara cek nomor kk online Jakarta, Bandung, Tanggerang, Bekasi, Banjarmasin, dan lain-lain, anda harus terlebih dulu mengetahui alamat situs web dukcapil Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan daerah lain di mana anda tinggal.

Dukcapil merupakan lembaga pemerintah yang mempunyai kewenangan dalam melakukan kebijakan perihal pencatatan sipil, pendaftaran penduduk, pemanfaatan database pekendudukan, pengelolaan informasi administrasi kependudukan, KTP elektronik, NIK dan urusan lain terkait administrasi kependudukan.

Cukup sederhana dan mudah dalam melakukan pengecekan kartu keluarga secara online melalui situs web dukcapil ini.

Karena sifatnya yang penting dan pribadi, sebaiknya nomor seri pada kartu keluarga tidak sembarang dipublikasikan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyalah gunaan nomor kk yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Dengan memasukkan nomor KTP dan isi nama anda serta ibu kandung sesuai yang tercatat di kartu keluarga, lalu menekan tombol konfirmasi “saya bukan robot” dan klik cek KK, anda bisa melihat data kartu keluarga secara online dengan tahap ini.

Selain itu, pada situs web dukcapil anda juga bisa mencoba cara cek KTP online dengan mengakses situs web dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik.

Itulah Cara Cek Nomor KK Online yang dapat Alektro.com informasikan kepada anda. Mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam penyampaian informasi ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

cek nomor kk dari ktpcek kartu keluarga onlinecara cek jumlah nama di kkcek kk jakartacek kk dari namacara tahu nomor kk onlinecara mengetahui nomer kkcara cek nomor seri tas LVnama duplikat di kartu keluargacara cek nomor kartu keluarga
Loading...