Cari Nomor Kartu Keluarga Online Cara Cek Nomor KK Terbaru 2019

Cari Nomor Kartu Keluarga Online Cara Cek Nomor KK Online dengan NamaKartu Keluarga atau juga dikenal dengan singkatan KK merupakan dokumen yang bersifat penting dan wajib dimiliki oleh setiap keluarga yang masuk sebagai warga negara Indonesia. Dokumen yang menjadi arsip keluarga ini bisa diajukan oleh keluarga baru atau lama yang belum memiliki KK dengan mendatangi kelurahan setempat. Begitu juga apabila akan melakukan perubahan data pada KK.

Data yang tertera pada KK meliputi beberapa catatan seperti nomor KK, nomor induk keluarga (NIK) daftar anggota keluarga beserta informasi tanggal lahir, anak ke berapa, status sekolah, status pekerjaa, status perkawinan dan sebagainya.

Cari Nomor Kartu Keluarga Online Cara Cek Nomor KK Terbaru 2019

Arsif yang bersifat penting ini akan selalu dibutuhkan dalam berbagai hal yang menyangkut dokumen keluarga dan berbagai persyaratan seperti melamar kerja, daftar seklolah atau kuliah, pengajian beasiswa, pengajuan dana pinjaman, pembuatan e-KTP, pendaftaran BPJS, dan lain-lain.

Nomor KK biasanya menjadi salah satu poin penting dalam kalrtu keluarga karena akan selalu dipinta ketika masuk dalam pemberkasan terkait kepentingan yang telah disampaikan di atas. Hanya saja tidak semua orang menghafal atau memperhatikan rangkaian angka pada nomor KK sehingga tidak begitu mengetahuinya ketika suatu saat dibutuhkan.

Selain itu, kartu keluarga yang bentuk fisiknya cukup besar seperti selembar kertas dan tidak seperti kartu sim, ktp atau atm membuatnya tidak selalu di bawa ke mana-mana atau disisipkan dalam dompet. Jadi hanya ketika dibutuhkan saja dokumen ini akan dibawa.

Lantas bagaimana apabila kita tiba-tiba memerlukan nomor KK karena harus mengisi dokumen persyaratan dan sebagainya sementara nomor KK sendiri tidak hafal dan fisiknya tidak sedang di bawa?

Cari Nomor Kartu Keluarga Online

Untuk mengetahui nomor KK ini sebetulnya bisa dilakukan secara online dengan pencarian berdasarkan nama. Dengan begitu kita tidak usah kuatir lagi harus membawa KK ke mana-mana dan takut hilang sebab dengan cari nomor kartu keluarga online ini kita akan lebih termudahkan dan lebih praktis lagi untuk bisa mengentahui nomor KK tanpa ribet kapan saja dan di mana saja.

Cara Cek KK (Kartu Keluarga) Online Berdasarkan Nama

Sebelum ke ulasan bagaimana mengetahui nomor kk secara online, ada beberapa hal yang juga harus anda ketahui mengenai kartu keluarga.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, informasi penting yang tertera pada KK juga mencakup data kepala keluarga dengan nama lengkap semua anggota keluarga di mana KK ini menjadi dokumen penting dan menjadi salah satu kelengkapan syarat administrasi.

Pertanyaanya sekarang adalah bagaimana cara melakukan pemeriksaan nomor KK apakah sudah sinkron datanya dan atau sudah terdaftar? Agar bisa melaukan pengecekkan secara mudah via online ada  beberapa cara cek KK online yang bisa disimak ulasannya berikut ini.

Cara Mencari NIK Kartu Keluarga

Sebelum mulai melakukan pencarian dan pengecekkan nomor kartu keluarga KK online berdasarkan nama, pastikan setiap langkah cek kk online di bawah ini dilakukan secara bertahap dan sesuai langkah urutannya agar bisa berhasil. Perangkat yang digunakan bisa berupa komputer/laptop yang sudah terhubung dengan koneksi internet dan melakukan pengecekkan melalui aplikasi browser yang terpasang. Atau juga bisa dengan menggunakan perangkat ponsel yang sudah mendukung aplikasi browser di hp nya.

Perlu diketahui juga bahwa untuk mencari nomor kartu keluarga online ini dilakukan melalui situs web yang berbeda-beda. Misalnya kita ingin cari nomor kartu keluarga online jawa tengah, jawa barat, jawa timur, riau, atau cek kartu keluarga online jakarta, bandung, atau cari nomor induk kependudukan kartu keluarga ini diakses melalui alamat situs web sesuai daerahnya masing-masing.

Cari Nomor Kartu Keluarga Online Kabupaten Rembang

Bagi anda yang berdomisili di Kabupaten Rembang dan ingin mencari tahu nomo KK lewat Online bisa mengakses ke alamat situs web http://dindukcapil.rembangkab.go.id/informasi/cek_kk. Selanjutnya ikuti arahan yang tertera pada website agar bisa melakukan cek nomor kk online. Apabila situs web yang dituju tidak bisa memproses permintaan anda maka bisa dipastikan situs web sedang dalam masa pembaruan.

Cari Nomor Kartu Keluarga Online Kabupaten Tegal

Untuk anda yang berdomisili di Kabupaten Tegal bisa mengakses alamat situs web http://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_kk dan ikuti prosedur yang tertera dalam website. Jika terdapat kendala akses error kemungkinan sitis web dalam proses maintenance.

Cari Nomor Kartu Keluarga Online Provinsi DIY

Apabila anda berdomisili di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wates, cara mencari nomor KK online bisa anda lakukan dengan mengunjungi alamat situs web http://www.kependudukan.jogjaprov.go.id/olah.php?module=keluarga .

Cari Nomor Kartu Keluarga Online Provinsi Kalimantan Barat

Bagi anda yang berdomisili di Kabupaten  Sambas, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Landak, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak dan Kota Singkawang, anda bisa mengikuti beberapa langkah pencarian nomor KK online seperti berikut ini.

  • Silahkan mengakses situs web dukcapil kalimantan barat di http://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk.
  • Selanjutnya akan tampil kolom di mana anda akan dipinta memasukkan NIK, nama depan dan nama belakang dan nama ibu kandung. Silahkan diisi sesuai dengan informasi yang dipinta.
  • Lakukan verifikasi dengan mencentang pernyataan “saya bukan robot”. Mulai proses ke tahap berikutnya.

Cari Nomor Kartu Keluarga Online Kabupaten Pati

Alamat situs web yang bisa anda akses untuk mengenatui nomor kk online bagi warga Kabupaten Pati adalah dengan masuk ke http://dispendukcapil.patikab.go.id/cekdata/kk.

Cari Nomor Kartu Keluarga Online Kabupaten Gresik

Anda yang termasuk warga Kabupaten Gresik juga bisa mencari tahu nomor KK online melalui alamat situs web http://ceknik.dispenduk.gresikkab.go.id/.

Cek Kartu Keluarga Online Jakarta

Apabila anda masuk sebagai warga provinsi DKI Jakarta baik itu domisili Jakarta Pusat, Jakarta Selatan samapi Jakarta Utara, anda bisa melakukan cek nomor kk online dengan mengakses situs web dukcapil DKI Jakarta atau situs kemendagri.

Cara lain yang juga bisa dilakukan bagi yang memiliki KTP dan KK Jakarta adalah dengan mengunjungi alamat situs web http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Dengan tampilan halaman yang serupa dengan situs dukcapil lainnya akan membuat anda lebih mudah saat mengaksesnya.

Di sana anda tinggal memasukkan NIK pada kolom yang tersedia dan lanjutkan denan menekan klik (tombol cek warna biru) pada kolom bagian bawah.

Cek Kartu Keluarga Online Tangerang

Situs web yang bisa dikunjungi oleh warga Tangerang apabila hendak mengecek nomor KK adalah dengan mengakses https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/. Pada halaman ini hanya akan terlihat satu kolom saja. Anda tinggal memasukkan 16 digit NIK yang sesuai dengan yang tertera di kartu keluarga. Kemudian tekan ‘cek NIK’ untuk memproses pencarian nomor KK. Apabila terdapat perintah lain, maka ikuti saja sesuai petunjuk yang tertera.

Cek Kartu Keluarga Online Bandung

Seperti warga Jakarta yang bisa menggali informasi sepurat KK online melalui situs web kemendagri, warga Bandung jiga bisa melakukan cek NIK dari situs kemendagri. Layanan cek KK online memang belum dirilis oleh dukcapil setempat namun anda tetap bisa melakukannya mealui situs kemendagri dengan lingkup akses nasional sehingga daerah yang belum didukung dengan cek KK online bisa mengaksesnya melalui situs ini.

Bagaimana Jika Lupa Nomor KK?

Dalam beberapa kasus, ada keluarga yang kedapati hilang kartu keluarganya dan tidak sempat menyalin kopiannya juga tidak sempat mencatat nomor KK sedangkan digit ini sedang sangat dibutuhkan sekali. Solusi yang bias anda ambil agar bisa mengetahui nomor KK meskipun fisiknya sudah hilang adalah dengan langsung mengunjungi kantor catatan sipil setempat atau bertahap melalui kantor kelurahan dan kantor kecamatan setempat.

Tips Agar Kartu Keluarga Aman

Karena kartu keluarga menjadi dokumen yang sangat penting sekali dan jangan sampai hilang, sebaiknya anda menyalin lembaran aslinya menjadi beberapa lembar salinan. KK asli bisa anda simpan di tempat aman sementara salinannya bisa anda lipat dan sisipkan di dompet.

Atau anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menyalin KK melalui scan digital kemudian mengunggahnya ke situs penyimpanan data online agar bisa dilihat kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, langkah ini juga bisa menjadi solusi apabila suatu hari dokumen kartu keluarga anda rusak akbiat kebanjiran, kebakaran atau dimakan rayap.

Itulah ulasan cara mengecek KK secara online yang dapat Alektro informasikan kepada anda. Adapun cara mencari NIK berdasarkan nama untuk sementara ini memang belum bisa diakses secara online dan harus langsung mengunjungi kantor catatan sipil. Semgoa bermanfaat dan sampai jumpa.

kartu keluarga 2019kartu keluargakk 2019kartu keluarga 2019 hdnomor kartu keluargakartu kleuarga 2019kk terbarufoto kk 2019tampilan kk terbaru 2019cek kartu keluraga
Loading...