Tips Cara Mengatasi Simcard Error Pada Android Blackberry iPhone

Tips Cara Mengatasi Simcard Error Pada Smartphone Android BB iPhone – Memperbaiki permasalahan Error atau kesalahan pada kartu sim sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya mungkin saja bisa coba ditangani. Ulasan bagaimana cara mengatasi simcard error pada smartphone dari Alektro berikut ini sepertinya menarik untuk anda simak.

Salah satu masalah yang muncul dari SIM Card adalah SIM Card Error. Apabila SIM Card anda mengalami error, maka SIM Card tersebut biasanya menjadi tidak terbaca.

Tips Cara Mengatasi Simcard Error Pada Android Blackberry iPhone

Cara paling mudah untuk mengetahui SIM Card anda mengalami error tidak munculnya signal pada layar ponsel anda.

Hal ini akan cukup menggangu karena anda tidak dapat menggunakan ponsel anda, apalagi ketika anda memang sedang membutuhkan ponsel anda untuk urusan pekerjaan, hal ini tentunya akan mengganggu kelancaran dari pekerjaan anda.

5 Penyebab Simcard Error Pada Smartphone

Beberapa penyebab SIM Card error ataupun tidak terbaca tersebut biasanya dikarenakan oleh beberapa penyebab, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dudukan penghubung kartu patah atau tidak dapat digunakan karena mengalami kerusakan

Apabila SIM Card anda mengalami hal ini yakni berupa dudukan penghubung kartu yang tidak dapat dipergunakan lagi karena rusak ataupun patah, anda tidak dapat menggunakan kartu SIM Card tersebut lagi, sehingga anda harus membeli kembali kartu SIM yang baru untuk dapat menggunakan ponsel anda.

  1. Kartu SIM sudah terlalu lama hingga muncul karat

Ketika anda menggunakan kartu SIM yang sudah cukup lama, biasanya akan muncul bintik – bintik atau muncul karat pada kartu SIM anda. Hal ini juga akan menyebabkan kartu SIM anda menjadi error atau tidak dapat dipergunakan.

  1. Terdapat kesalahan pada sistem SIM Card

Kesalahan yang muncul pada sistem SIM Card ini biasanya terjadi kesalahan pada saat memasukan PIN hingga berkali – kali karena PIN yang diinput tersebut tidak sesuai atau salah.

  1. Jalur kuningan kartu SIM terputus

Jalur kuningan terputus ini biasanya disebabkan oleh adanya goresan pada micro chip pada SIM Card tersebut.

  1. Overheat

Penggunaan ponsel yang terlalu lama dan tanpa henti juga akan menyebabkan rusaknya SIM Card yang anda gunakan. Ketika mesin pada ponsel anda panas, maka SIM Card akan melepuh atau meleleh akibat dari panasnya mesin tersebut.

Cara Mengatasi Simcard Error Pada Smartphone

Ketika SIM Card anda mengalami error atau tidak dapat digunakan, terdapat beberapa cara yang dapat anda pilih untuk mengatasi SIM Card yang error tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Non aktifkan ponsel anda, kemudian cabut baterai, lalu anda buka SIM Card. Anda bersihkan SIM Card tersebut dengan kain bersih dan kering. Setelah bersih, anda kembali pasang SIM Card tersebut pada ponsel anda, kemudian pasang kembali baterai dan aktifkan kembali ponsel anda.
  • Ketika cara pertama belum berhasil, sebaiknya anda mencoba menggunakan kartu SIM yang lain pada ponsel anda. Jika pada saat mencoba dengan menggunakan kartu SIM yang lain berjalan lancar, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada masalah pada ponsel anda, artinya kartu anda yang sudah mengalami masalah yang cukup serius sehingga diperlukan penanganan yang khusus, bahkan mungkin jika sudah tidak dapat diselamatkan, anda harus bersedia menggunakan kartu SIM yang lain.
  • Lakukan master reset pada kartu SIM anda, namun untuk berjaga – jaga sebaiknya anda lakukan back up data terlebih dahulu supaya data anda dapat terselamatkan sebelum dilakukan master reset.

Sekian tips cara mengatasi simcard error dari Alektro.com. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...