Aplikasi Cara Membuat Gambar Animasi Bergerak Gif di PC Laptop

4 Aplikasi Cara Membuat Gambar Animasi Bergerak Gif di Komputer – Gambar animasi bergerak gif sekarang ini sudah bisa dibuat melalui smartphone android. Meski begitu media pembuatannya melalui komputer atau laptop tetap menjadi perangkat utama karena selain lebih leluasa juga fitur aplikasi lebih variatif.

Gambar animasi bergerak (GIF) sendiri merupakan kumpulan foto atau video bergerak yang dipadukan sehingga tampak seperti bergerak.

Aplikasi Cara Membuat Gambar Animasi Bergerak Gif di PC Laptop

Download Gif App

Gambar animasi yang dibuat bisa berupa animasi kartun, gambar kata bergerak, atau kombinasi keduanya.

Durasi waktu yang diperlukan untuk melihat hasil gambar animasi bergerak ini biasanya tidak lama hanya sekitar 5 detik saja.

Untuk dapat membuat gambar animasi bergerak gif di laptop ini terdapat beberapa cara yang dapat anda pilih.

Setiap cara yang akan disampaikan pada kesempatan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, anda dapat menyesuaikan cara mana yang menurut anda lebih mudah untuk diaplikasikan.

4 Aplikasi Cara Membuat Gambar Animasi Bergerak Gif di Komputer Laptop

Dibawah ini adalah beberapa cara yang dapat anda pilih untuk membuat gambar animasi bergerak gif di laptop atau komputer pribadi anda :

  1. Jiffy

Bagi anda pengguna mesin pencari chrome anda dapat membuat gambar animasi bergerak gif pada laptop atau komputer pribadi anda dengan menggunakan ekstensi yang dimiliki oleh mesin pencari chrome ini.

Untuk menggunakan Jiffy ini cukup mudah, pada saat anda menonton video, anda akan melihat kontrol Jiffy, untuk mengunakan Jiffy tersebut cukup dengan memotong video yang batasan awal dan batasan akhirnya sudah ditentukan.

Anda tinggal memasukan waktu mulai video dan waktu akhir video pada kotak dan ekstensi secara otomatis memotong video tersebut. Anda dapat mengunduh Jiffy di sini.

  1. Giffing Tool

Terdapat 2 versi yakni versi berbayar dan tidak berbayar. Untuk versi berbayar anda akan mendapatkan seluruh fitur secara lengkap, namun untuk versi tidak berbayar anda hanya dapat memperoleh tampilan dengan tambahan watermark.

Untuk dapat menggunakan Giffing Tool ini adalah dengan cara merekam tampilan layar dari bidang tertentu.

  • Pastikan anda sudah menyiapkan video, kemudian potong video tersebut menjadi sebuah animasi bergerak, semakin pendek video maka kualitasnya akan semakin bagus.
  • Anda buka dan jalankan Giffing Tool. Anda dapat mengunduh Giffing Tool pada link di sini.
  • Pilih area berbentuk persegi pada monitor yang ingin diambil atau direkam.
  • Anda tap Play, kemudian hentikan pada bagian batas akhir video anda yang akan dijadikan animasi bergerak.
  • Tap tombol Esc, lalu anda drag handle warna hijau untuk bagian awal dan warna merah untuk bagian akhir.
  • Pilih ikon Floppy Disk untuk menyimpan hasil.
  1. Imgflip

Aplikasi ini digunakan untuk mengubah video atau foto menjadi Gif. Untuk menggunakan imgflip ini cukup sederhana, anda tinggal memilih video ataupun foto, lalu pilih Upload Images atau Upload Video. Unduh aplikasi imgflip di sini.

  1. GIF Maker

Untuk menggunakan GIF Maker ini, anda tinggal memilih foto ataupun video  yang akan digunakan untuk membuat GIF, kemudian anda pilih Upload Images. Pada Control Panel anda dapat mengatur audio, animasi bahkan ukuran kanvasnya. Jika sudah selesai anda pilih Create GIF Animation. Anda bisa menggunakan aplikasi GIF Maker di sini.

Demikian ulasan mengenai cara membuat gambar animasi bergerak GIF menggunakan laptop atau komputer dari Alektro.com. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...