Cara Membuat Desain Vektor Wajah Dengan Adobe Illustrator

Cara Membuat Desain Vektor Wajah Dengan Adobe Illustrator – Vektor merupakan bagian dari seni desain grafis dimana salah satu objek kreatifitasnya dapat berupa gambar bagian atas tubuh atau muka yang dipoles sedemikian ruma dengan desain vektor wajah sehingga menjadi gambar yang unik dan menarik. Penerapan desain gambar dengan teknik ini melibatkan beberapa garis dan titik poligon yang dipadukan dalam proses rumus matematika khusus di mana alur vektor bisa dibuat dan ditambahkan dengan atribut sesuai ilustrasi objek yang dikehendaki. Noodsm warna dan isi, serta ketebalan garis dan lainnya juga bisa dihilangkan atau ditambahkan dalam vektor.

Selain vektor, seni desain grafis yang juga erat sekali kaitannya dalam urusan tipe dan model gambar adalah bitmap. Jika berbicara graphic desain, maka antara vektor dan bitmap ini sudah menjadi bahasan yang biasa dan tidak asing dipakai sebagai pembeda sebuah gambar.

Cara Membuat Desain Vektor Wajah Dengan Adobe Illustrator

Baik vektor maupun bitmap, keduanya memiliki sisi kelebihan dan kekurangan untuk urusan grafisnya. Sisi kelebihan grafis pada vektor terletak pada gambar jenis objeknya yang bisa diganti ukuran dan bentuknya dengan tidak mempengaruhi kualitas grafis pada gambar. Tingkat kemudahan akan lebih dirasakan dalam pembuatan dan pengeditan gambar dengan terapan desain vektor. Grafis yang dihasilkan dari vektor akan tetap memberikan kualitas gambar yang bagus setelah di print out dan konfigurasi kapasitas objek gambar vector yang disimpan juga akan tetap efisien.

Hanya saja pada grafis vektor ada beberapa kekurangan yang mungkin akan dijumpai seperti konversi objek gambar vektor ke format bitmap yang tidak bisa memperlihatkan vector utama dan gradasi gambar serta grafis yang terlihat seperti tidak natural dan realistis seperti pada umumnya.

Dalam pembuatan seni desain grafis dengan teknik vektor seperti desain vektor wajah dapan dapat diimplementasikan melalui penggunaan berbagai aplikasi graphic design seperti adobe photoshop, pt maker, coreldraw, corel photo paint, adobe illustrator, dan aplikasi sejenis lainnya.

Apabila anda ingin mencoba membuat desain vektor wajah sedehana dan mudah, anda bisa mencobanya dengan penggunaan adobe illustrator seperti tutorialnya yang bisa anda simak berikut ini.

Cara Menggunakan Adobe Illustrator untuk Desain Vektor Wajah

  1. Pilih gambar atau foto wajah yang akan diubah dengan desain vektor lalu drag pada aplikasi adobe illustrator yang sudah dijalankan di perangkat komputer yang anda gunakan.
  2. Tool yang akan banyak digunakan pada tutorial ini adalah pentool dengan berfokus pada bagian lubang hidung, telinga, mulut dan area wajah.
  3. Dari sini anda bisa mulai dengan bagian mata kiri dan area sekitarannya. Lakukan dengan teliti untuk hasil yang lebih rapi.
  4. Kemudian lanjut dengan objek mata sebelah kanan.
  5. Apabila hasilnya telah memperlihatkan gambar atau foto menyerupai kartun atau lukisan, maka anda bisa lanjut ke langkah berikutnya yaitu menyentuh bagian leher dengan hasil yang sama nantinya.
  6. Masih tetap menggunakan pentool, buat titik yang akan diubah pada bagian kepala dan rambut dari objek gambar/foto tersebut.
  7. Setelah titik objeknya selesai dibuat, selanjutnya anda bisa mewarnainya dengan pilihan warna sesuai skintones pada swatches. Fitur ini bisa anda gunakan dengan tinggal klik switches >> swatch libraries menu di pojok kiri bawah >> skintones.
  8. Lakukan sesuai dengan urutan titik objek yang sudah dibuat sebelumnya. Sementara detail perubahan yang diterapkan adalah sebagai berikut.
  • Opacity 83 untuk wajah gelap 1
  • Opacity 50 untuk wajah gelap 2
  • Opacity 79 untuk wajah terang
  • Hitam untuk lubang hidung
  • Merah untuk mulut
  • Pink untuk telinga
  • Opacity 83 untuk mata dan area sekitarannya
  • Opacity 52 untuk hidung
  • Opacity 63 untuk alis (leher terang), dan
  • Gelap untuk rambut

Dalam praktek desain vektor wajah menggunakan adobe illustrator ini diperlukan kesabaran yang ekstra. Terlebih pada saat menggunakan pentool sesuai arah rambut untuk outline dengan hasil yang berwarna pada bagian rambut.

Bagi seorang pemula membuat desain vektor wajah memang akan terasa sangat sulit dan rumit meskipun prakteknya tergolong simple dan dasar. Namun begitu bagi anda yang lebih suka dengan hasil instan namun profesional, anda bisa mempercayakannya pada jasa desain vektor wajah dengan request gambar/foto sesuai yang anda order.

Itulah tutorial singkat bagaimana menggunakan adobe illustrator untuk desain vektor wajah. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Selamat mencoba dan sampai jumpa.

Loading...