Penyebab Akun Instagram Diragukan

alektro.com

Mungkin kamu pernah mengalami situasi ini: tiba-tiba akun Instagrammu dipertanyakan oleh platform tersebut. Ini tentu bisa jadi pengalaman yang cukup mengganggu, bukan?

Namun, pertanyaan yang lebih besar adalah, “Bagaimana cara agar akun Instagrammu tidak diragukan?”

Jawabannya sederhana: dengan memahami peraturan dan mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh Instagram.

Di artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengapa akun Instagram bisa diragukan dan memberikan solusi serta langkah konkret yang bisa kamu ambil untuk menjaga agar akunmu tetap aman dan terhindar dari risiko tersebut.

Penyebab Akun Instagram Diragukan

Penyebab Akun Instagram Diragukan

Daftar Isi :

Penyebab Akun Instagram Diragukan

Saat mengelola akun Instagram, seringkali kita bertanya-tanya, “Mengapa akun Instagramku diragukan?” Mari kita ulas beberapa penyebab umum yang dapat membuat akunmu berada dalam sorotan:

  1. Menggunakan Tools Pihak Ketiga Kamu mungkin tergoda untuk menggunakan tools yang menawarkan peningkatan jumlah followers atau likes dengan cepat. Namun, ini bisa menjadi masalah.

    Instagram memiliki cara untuk mendeteksi penggunaan aplikasi semacam itu dan sering kali menandai akun sebagai akun yang meragukan.

    Jadi, jika kamu ingin menjaga agar akunmu tidak dipertanyakan, hindari menggunakan aplikasi semacam itu dan biarkan jumlah followersmu tumbuh secara alami.

  2. Melakukan Aktivitas Tidak Wajar Instagram sangat menghargai keaslian. Jadi, jika ada aktivitas yang terlihat mekanis atau berlebihan, seperti memberi like atau mengikuti dengan sangat cepat, ini dapat menimbulkan peringatan.

    Instagram menetapkan batasan-batasan aktivitas untuk mencegah spam dan memastikan pengalaman yang nyaman bagi semua pengguna.

    Jika kamu terlalu aktif dalam memberi like atau mengikuti orang, Instagram mungkin akan meminta kamu untuk mengurangi aktivitas tersebut untuk sementara waktu.

Dengan memahami dan menghindari tindakan-tindakan ini, kamu bisa menjaga agar akun Instagrammu tetap aman dan terhindar dari risiko direguk oleh platform ini.

Solusi 1: Verifikasi Identitas dan Informasi Profil

Saat akun Instagrammu diragukan, langkah pertama yang bijak adalah memverifikasi identitas dan informasi profilmu untuk membangun kepercayaan dan keamanan di platform ini. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Periksa dan Perbarui Informasi Profilmu Pastikan informasi di profilmu lengkap dan akurat. Ini termasuk nama lengkap, foto profil, serta informasi kontak seperti email dan nomor telepon yang jelas dan benar. Langkah ini membantu Instagram dan pengikutmu untuk mengenali bahwa akun tersebut memang milikmu.
  2. Verifikasi Identitasmu Instagram seringkali meminta verifikasi bahwa akun yang kamu kelola adalah akun asli. Ini dapat dilakukan melalui konfirmasi email atau SMS. Ikuti petunjuk yang diberikan, seperti mengklik tautan konfirmasi dari email atau memasukkan kode verifikasi dari SMS yang dikirim ke nomor teleponmu.
  3. Ajukan Permohonan Verifikasi Jika kamu ingin mendapatkan badge verifikasi yang prestisius, kamu perlu mengisi formulir permohonan dengan informasi yang diminta, termasuk mengunggah dokumen identitas resmi. Jika persyaratan terpenuhi, Instagram akan memberikan tanda centang biru yang diidamkan.
  4. Pertimbangkan Keamanan Akun Setelah langkah-langkah di atas selesai, pastikan untuk memeriksa dan meningkatkan keamanan akunmu. Aktifkan fitur-fitur keamanan seperti verifikasi dua langkah untuk menjaga keamanan akunmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat memastikan bahwa akun Instagrammu tetap aman dan terhindar dari masalah verifikasi di masa mendatang.

Solusi 2: Konfirmasi Akun Melalui Email atau Nomor Telepon

Saat Instagram meminta konfirmasi identitasmu, jangan panik. Ini adalah langkah standar untuk memastikan bahwa akunmu aman dan benar-benar milikmu. Berikut langkah-langkah mudah yang bisa kamu ikuti:

  1. Periksa Email atau Pesan SMS Instagram akan mengirimkan kode verifikasi enam digit melalui email atau nomor telepon yang terdaftar di akunmu. Pastikan untuk memeriksa inbox email, termasuk folder spam, atau pesan SMS.
  2. Masukkan Kode Verifikasi Setelah mendapatkan kode, masukkan ke kolom yang diminta oleh Instagram saat mencoba login. Kode ini seperti sapaan ulang kepada Instagram bahwa akun ini benar-benar milikmu.
  3. Pastikan Informasi Kontak Akurat Jika kode verifikasi tidak muncul, periksa kembali informasi kontakmu. Pastikan email dan nomor telepon yang terdaftar masih aktif dan bisa diakses.
  4. Coba Kirim Ulang Kode Verifikasi Jika kode verifikasi belum diterima, gunakan opsi di aplikasi untuk meminta pengiriman ulang kode. Pilih “Kirim ulang kode” atau “Coba lagi” untuk mendapatkan kode baru.
  5. Hubungi Dukungan Instagram Jika semua langkah di atas sudah dicoba namun masih mengalami kesulitan, hubungi tim dukungan Instagram. Mereka siap membantu menyelesaikan masalah ini.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu bisa memastikan bahwa akun Instagrammu tetap aman dan terhindar dari masalah verifikasi di masa mendatang.

Solusi 4: Hapus atau Laporkan Konten yang Melanggar

Di dunia digital yang penuh warna seperti Instagram, kita sering kali menemui konten yang melanggar aturan. Berikut cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menangani hal tersebut:

  1. Menghapus Konten Jika kamu tanpa sengaja memposting sesuatu yang melanggar aturan, jangan khawatir. Kamu bisa langsung menghapusnya dari akunmu. Langkah ini pertama-tama untuk menjaga keharmonisan di komunitas Instagram.
  2. Melaporkan Konten Jika kamu menemukan konten dari orang lain yang tidak pantas, Instagram menyediakan alat untuk melaporkannya. Ini bisa berupa konten yang mengandung ketelanjangan, ujaran kebencian, atau hal-hal lain yang melanggar kebijakan Instagram.
  3. Melaporkan Akun Jika ada akun yang kamu anggap melanggar aturan, ikuti langkah-langkah ini:
    • Buka profil akun yang ingin kamu laporkan.
    • Pilih ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih ‘Laporkan’.
    • Pilih jenis laporan, seperti ‘Spam’ atau ‘Tidak Pantas’.
    • Jelaskan alasanmu mengapa kamu melaporkan akun tersebut.
    • Serahkan laporanmu kepada Instagram untuk ditinjau.
  4. Melaporkan Postingan Jika ada postingan yang membuatmu tidak nyaman, kamu bisa melaporkannya dengan cara berikut:
    • Temukan postingan yang ingin kamu laporkan.
    • Pilih ikon tiga titik, lalu pilih ‘Laporkan’.
    • Pilih alasan laporan, seperti ‘Spam’ atau ‘Tidak Pantas’.
    • Instagram akan meninjau laporanmu dan mengambil tindakan yang sesuai.
  5. Melaporkan Pesan Jika ada pesan yang mengganggu di percakapanmu, ikuti langkah-langkah ini:
    • Buka percakapan yang berisi pesan yang ingin kamu laporkan.
    • Tahan pesan tersebut, lalu pilih ‘Laporkan’.
    • Berikan alasanmu mengapa kamu melaporkan pesan tersebut dan ikuti petunjuk selanjutnya dari Instagram.

Semua laporan yang kamu kirimkan akan dijamin anonim, sehingga kamu tidak perlu khawatir identitasmu diketahui oleh pihak yang dilaporkan. Ingatlah, bertindak atas konten yang tidak pantas adalah hakmu, sekaligus tanggung jawabmu sebagai pengguna. Mari kita jaga kenyamanan bersama di ruang digital!

Solusi 5: Batasi Penerbitan Konten yang Berpotensi Diragukan

Di dunia dinamis Instagram, penting untuk bijak dalam memilih konten yang kamu bagikan. Untuk menghindari risiko akunmu diragukan atau bahkan ditangguhkan, berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Pahami Kebijakan Instagram Langkah pertama yang penting adalah memahami dengan jelas kebijakan Instagram. Mulai dari konten yang melanggar hak cipta hingga ujaran kebencian, Instagram menerapkan aturan yang ketat.
  2. Hindari Konten yang Melanggar Jika kamu mengetahui bahwa postinganmu melanggar aturan, segera hapus konten tersebut. Tindakan ini akan membantu menghindari peringatan atau tindakan lebih lanjut dari Instagram.
  3. Bertanggung Jawab atas Konten yang Diposting Sebagai pengguna Instagram, kamu bertanggung jawab penuh atas semua yang kamu publikasikan. Pastikan kontenmu tidak hanya menarik, tetapi juga positif dan sesuai dengan kebijakan platform.
  4. Batasi Frekuensi Penerbitan Konten Kadang-kadang, kurangi frekuensi postingmu. Instagram memperhatikan volume konten yang kamu bagikan, terutama jika melanggar kebijakan mereka. Lebih sedikit postingan dengan kualitas yang baik seringkali lebih baik daripada banyak postingan yang melanggar aturan.
  5. Manfaatkan Fitur Notifikasi Instagram Instagram memiliki sistem notifikasi yang dapat memberitahumu jika ada masalah dengan akunmu. Ini adalah kesempatan bagus untuk bertindak cepat sebelum masalah menjadi lebih serius.
  6. Ajukan Banding Jika Diperlukan Jika kamu merasa bahwa kontenmu dihapus atau akunmu ditangguhkan secara tidak adil, jangan ragu untuk mengajukan banding kepada Instagram. Mereka akan mempertimbangkan ulang keputusan mereka jika ada kesalahpahaman atau kekeliruan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menjaga keamanan dan integritas akun Instagrammu, serta memastikan pengalaman penggunaan platform yang lebih positif dan terjamin.