Mengatasi Getting Windows Ready Lama

alektro.com

Apakah pernah terjadi padamu bahwa komputermu terjebak di layar ” Getting Windows Ready ” untuk waktu yang sangat lama? Ini sering dialami oleh banyak pengguna Windows dan bisa sangat menjengkelkan, terutama jika kamu butuh akses cepat ke komputermu.

Pesan ini sebenarnya adalah bagian dari proses pembaruan sistem operasi Windows, yang penting untuk menjaga keamanan dan kinerja komputermu. Namun, ketika proses ini berlangsung lebih lama dari yang diharapkan, itu bisa menimbulkan kekhawatiran. Apa yang sebenarnya terjadi?

Mari kita bahas masalah “Getting Windows Ready” yang berlangsung lama, apa penyebabnya, dan langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasinya. Dengan panduan ini, kamu akan lebih memahami tentang masalah ini dan bagaimana cara menghindarinya di masa depan.

Mengatasi Getting Windows Ready Lama

Mengatasi Getting Windows Ready Lama

Daftar Isi :

Apa itu “Getting Windows Ready”?

“Getting Windows Ready” adalah proses di mana Windows sedang mempersiapkan diri untuk menginstal pembaruan. Pembaruan ini bisa berupa perbaikan bug, peningkatan keamanan, atau penambahan fitur baru. Proses ini sangat penting karena menjaga sistem operasi tetap terbaru untuk menjaga keamanan dan stabilitas komputer.

Namun, terkadang pesan ini muncul dalam waktu yang cukup lama, bahkan hingga beberapa jam, membuat pengguna merasa tidak nyaman.

Nah, sekarang mari kita jelajahi lebih dalam untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Mengapa Proses Ini Bisa Lama?

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa proses “Getting Windows Ready” bisa memakan waktu lama. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya:

  1. Banyaknya Pembaruan yang Perlu Diinstal: Jika komputermu jarang diupdate, banyak pembaruan tertunda yang perlu diinstal. Semakin banyak pembaruan, semakin lama prosesnya.
  2. Koneksi Internet yang Lambat: Pembaruan Windows membutuhkan koneksi internet yang cepat. Jika koneksi internetmu lambat, proses pengunduhan dan instalasi pembaruan akan berlangsung lebih lama.
  3. Ruang Hardisk yang Terbatas: Windows membutuhkan ruang kosong di hardisk untuk menyimpan pembaruan. Jika ruang hardiskmu penuh, prosesnya akan melambat.
  4. Masalah dengan File Sistem: File sistem yang rusak atau tidak konsisten bisa menyebabkan proses pembaruan menjadi lebih lambat.
  5. Komponen Hardware yang Tidak Mendukung: Hardware yang sudah tua mungkin tidak mendukung pembaruan terbaru, atau membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproses instalasi pembaruan.

Langkah-Langkah Mengatasi “Getting Windows Ready” Lama

Jika kamu menghadapi pesan “Getting Windows Ready” yang berlangsung terlalu lama, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba:

1. Restart Komputer:

Lakukan restart pada komputermu. Tunggu beberapa saat sebelum menyalakannya kembali dan lihat apakah proses “Getting Windows Ready” masih berlanjut.

2. Menjalankan Troubleshooter Windows Update:

Gunakan fitur Troubleshooter bawaan Windows untuk mengidentifikasi masalah pembaruan. Buka “Settings” > “Update & Security” > “Troubleshoot” > pilih “Windows Update” dan ikuti instruksi yang diberikan.

Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi proses “Getting Windows Ready” dan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mempercepat proses ini dan kembali menggunakan komputer dengan normal.

3. Menghapus File Update yang Rusak

Terkadang, file pembaruan yang rusak dapat menyebabkan masalah. Kamu bisa mencoba menghapus file-file tersebut dengan langkah-langkah berikut:

  • Restart komputer kamu ke dalam “Safe Mode”.
  • Buka “File Explorer” dan buka lokasi “C:\Windows\SoftwareDistribution\Download”.
  • Hapus semua file dan folder di dalam folder “Download”.
  • Restart komputer kamu dan coba jalankan pembaruan Windows lagi.

4. Memperbarui Driver

Driver yang usang atau tidak kompatibel bisa menjadi penyebab masalah. Pastikan semua driver di komputer kamu diperbarui dengan langkah-langkah ini:

  • Klik kanan pada “Start” dan pilih “Device Manager”.
  • Periksa setiap kategori untuk melihat apakah ada tanda seru kuning yang menunjukkan masalah dengan driver.
  • Klik kanan pada perangkat yang bermasalah dan pilih “Update driver”.
  • Pilih “Search automatically for updated driver software” dan ikuti instruksi yang diberikan.

5. Melakukan Clean Boot

Melakukan “Clean Boot” dapat membantu mengidentifikasi apakah ada program atau layanan tertentu yang menyebabkan masalah. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Tekan “Windows Key + R”, ketik “msconfig”, lalu tekan “Enter”.
  • Pada tab “General”, pilih “Selective startup” dan hilangkan centang pada “Load startup items”.
  • Pergi ke tab “Services”, centang “Hide all Microsoft services” dan klik “Disable all”.
  • Klik “OK” dan restart komputer kamu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat meningkatkan peluang untuk mengatasi masalah “Getting Windows Ready” yang berlangsung lama. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan sabar. Jika masalah tetap berlanjut setelah mencoba semua langkah ini, pertimbangkan untuk menghubungi dukungan teknis atau membawa komputer kamu ke ahli perbaikan profesional.

Tips Mencegah Masalah di Masa Depan

Setelah berhasil mengatasi masalah “Getting Windows Ready” yang memakan waktu lama, tentunya kamu tidak ingin mengalami hal serupa di masa depan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meminimalisir risiko terjadinya masalah tersebut:

  1. Rutin Melakukan Update

Menjaga sistem operasi dan aplikasi kamu tetap terbaru adalah langkah paling fundamental untuk mencegah masalah, termasuk masalah saat pembaruan Windows.

  • Aktifkan Fitur Update Otomatis: Pastikan update otomatis di Windows sudah aktif agar pembaruan terinstal secara otomatis.
  • Jangan Abaikan Pemberitahuan Update: Instal pembaruan tepat waktu untuk menjaga kinerja dan keamanan sistem.
  • Periksa Update Secara Berkala: Meskipun sudah otomatis, secara berkala periksa pembaruan melalui “Settings” > “Update & Security” > “Windows Update”.
  1. Memeriksa Ruang Hardisk

Pastikan hardisk memiliki ruang cukup untuk menghindari masalah kinerja saat pembaruan.

  • Hapus File Tidak Penting: Bersihkan folder “Downloads” dan “Recycle Bin” dari file yang tidak terpakai.
  • Gunakan Disk Cleanup: Gunakan fitur bawaan Windows untuk menghapus file sementara dan tidak terpakai.
  • Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan: Pergi ke “Settings” > “Apps” dan hapus aplikasi yang tidak lagi digunakan.
  1. Menggunakan Antivirus yang Andal

Selain pembaruan sistem, perlindungan dari virus dan malware juga penting untuk keamanan komputer kamu.

  • Pilih Antivirus yang Tepat: Gunakan antivirus terpercaya dan selalu perbarui database virusnya.
  • Jalankan Scan Berkala: Atur jadwal scan untuk memastikan sistem bebas dari virus dan malware.
  • Hati-Hati dengan Email dan Link: Jangan membuka lampiran email atau mengklik link dari sumber yang tidak dikenal.

Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat mengurangi kemungkinan menghadapi masalah “Getting Windows Ready” di masa depan dan menjaga kinerja komputer tetap optimal.

Kesimpulan

Artikel ini telah membahas cara mengatasi masalah “Getting Windows Ready” yang memakan waktu lama dengan memahami pentingnya pembaruan sistem, memeriksa ruang hardisk, dan menggunakan antivirus yang handal.

Langkah-langkah seperti restart komputer, menjalankan troubleshooter, dan memperbarui driver juga telah dijelaskan secara detail.

Jaga komputer kamu seperti merawat mobil; lakukan pemeliharaan rutin untuk memastikan beroperasinya dengan baik.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Kami harap informasi dan solusi yang kami berikan bermanfaat bagi kamu.

Jangan ragu untuk menjelajahi artikel-artikel kami lainnya untuk panduan dan wawasan lebih lanjut dalam dunia teknologi. Selamat menggunakan komputer, dan semoga selalu lancar dalam beraktivitas!