Kode Hemat Baterai Oppo

alektro.com

Apakah kamu sering merasa frustrasi karena baterai ponselmu cepat habis saat sedang digunakan? Atau mungkin seringkali kamu berada di situasi di mana tidak ada colokan charger yang tersedia dan bateraimu sudah hampir habis?

Kamu tidak sendiri. Di era digital seperti sekarang, di mana ponsel menjadi pusat segala aktivitas kita sehari-hari, memiliki baterai yang tahan lama bukan sekadar keinginan, melainkan kebutuhan.

Artikel ini akan membimbingmu untuk menemukan berbagai cara cerdas dalam mengoptimalkan penggunaan Hemat Baterai, terutama bagi pengguna Oppo. Yuk, ikuti pembahasan lengkapnya dan temukan trik-trik yang bisa kamu terapkan untuk menjaga bateraimu tetap awet dan mendukung semua aktivitasmu!

Kode Hemat Baterai Oppo

Kode Hemat Baterai Oppo

Daftar Isi :

Tidak Ada Kode Khusus untuk Hemat Baterai Oppo

Mungkin kamu sering mendengar tentang kode rahasia yang bisa memberikan akses ke fitur-fitur tersembunyi di ponsel pintar.

Namun, untuk spesifik mengenai penghematan baterai pada perangkat Oppo, tidak ada kode khusus yang bisa secara ajaib menghemat daya secara langsung.

Kode ##4636## untuk Informasi Baterai

Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa pun. Ada satu kode yang bisa memberikan informasi mendalam tentang baterai, yaitu ##4636##. Kode ini mungkin tidak untuk menghemat baterai secara langsung, tapi sangat bermanfaat untuk memonitor kondisi baterai kamu.

Berikut langkah-langkah sederhananya:

  1. Buka aplikasi dial atau tempat biasa kamu mengetikkan nomor telepon.
  2. Ketikkan kode ##4636## dengan tepat.
  3. Secara otomatis, akan muncul menu khusus.
  4. Pilih opsi ‘Battery Information’ atau ‘Informasi Baterai’.
  5. Di halaman ini, kamu bisa melihat berbagai data tentang baterai, seperti kondisi kesehatannya.

Dengan mengetahui kondisi kesehatan baterai, kamu bisa lebih proaktif dalam mengelola penggunaan perangkat.

Misalnya, jika kamu melihat tanda-tanda baterai tidak berfungsi dengan baik, itu bisa menjadi sinyal untuk mulai mengurangi beban kerja baterai dengan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pentingnya Memantau Kesehatan Baterai

Memonitor kesehatan baterai penting karena memberitahumu kapan kamu perlu bertindak. Baterai yang menunjukkan tanda-tanda penurunan mungkin perlu diganti atau kurangi penggunaannya untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Atur Tingkat Kecerahan Layar

Kenyamanan mata dan efisiensi penggunaan baterai bisa kamu dapatkan dengan mengatur tingkat kecerahan layar Oppo kamu. Yuk, simak cara gampang untuk melakukannya:

Langkah-Langkah Mengatur Kecerahan Layar:

  1. Buka ‘Pengaturan’ di perangkat Oppo kamu.
  2. Cari dan buka opsi ‘Layar dan Kecerahan’ atau serupa, tergantung versi UI kamu.
  3. Geser penggeser kecerahan ke kiri untuk mengurangi kecerahan di ruangan kurang terang dan hemat baterai. Geser ke kanan untuk pencahayaan lebih baik di ruangan terang.
  4. Aktifkan ‘Kecerahan Otomatis’ untuk penyesuaian otomatis berdasarkan cahaya sekitar.

Gunakan Wallpaper Gelap atau Hitam

Memilih wallpaper gelap atau hitam bisa menghemat baterai, terutama di layar AMOLED. Piksel-piksel yang seharusnya hitam tidak memancarkan cahaya, mengurangi konsumsi daya secara signifikan.

Bagaimana dengan Layar LCD?

Layar LCD tidak dipengaruhi oleh warna wallpaper, karena menggunakan lampu latar untuk menerangi piksel.

Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Matikan fitur yang tidak digunakan untuk menghemat baterai smartphone kamu.

Tindakan ini tidak hanya menjaga baterai tetap penuh lebih lama, tapi juga meminimalisir gangguan dari notifikasi yang tidak perlu.

GPS: Teman atau Musuh Baterai? GPS bisa sangat boros energi. Jika kamu tidak sedang membutuhkan navigasi, mematikan GPS adalah langkah cerdas.

Buka Pengaturan, pilih Keamanan & lokasi, dan matikan Lokasi untuk menghemat daya baterai.

Wi-Fi dan Bluetooth: Hemat Energi dengan Pintar Wi-Fi dan Bluetooth sering kali terus mencari koneksi jika dibiarkan aktif, menguras baterai tanpa disadari.

Matikan Nyalakan Wi-Fi otomatis di Pengaturan di bawah Jaringan & internet untuk menghentikan pencarian jaringan Wi-Fi secara otomatis.

Apakah Penghematan Baterai Signifikan?

Meskipun fitur seperti GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth tidak selalu menguras baterai dalam jumlah besar jika tidak digunakan, setiap penghematan energi dapat berarti dalam penggunaan baterai sehari-hari.

Manfaatkan Fitur Hemat Daya Bawaan Ketika baterai smartphone Oppo mulai menipis, ada beberapa langkah cerdas untuk memperpanjang waktu penggunaan.

Gunakan fitur hemat daya seperti Power Saving Mode dan Super Power Saving Mode:

  • Power Saving Mode: Aktifkan saat tidak menggunakan smartphone secara intensif untuk membatasi aplikasi latar belakang dan mengurangi konsumsi baterai.
  • Super Power Saving Mode: Aktifkan saat baterai mencapai kondisi kritis untuk membatasi penggunaan energi secara drastis dan mempertahankan fungsi dasar telepon.

Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Meskipun Auto Brightness nyaman, atur kecerahan layar secara manual untuk mencapai keseimbangan antara visibilitas dan penghematan energi.

Menggunakan Wallpaper Gelap atau Hitam

Pilih wallpaper gelap atau hitam untuk smartphone Oppo dengan layar AMOLED. Ini tidak hanya estetis, tapi juga mengurangi konsumsi daya dengan mematikan piksel-piksel warna hitam.

Menghindari Penggunaan Widget Berlebihan

Kurangi penggunaan widget dan hindari wallpaper live yang memakan daya baterai.

Mengaktifkan Fitur Dark Mode Dark

Mode bukan hanya tren, tapi juga mengurangi konsumsi daya baterai dengan mengubah latar belakang sistem dan aplikasi menjadi gelap.

Hapus Aplikasi yang Menguras Daya Baterai

Ponsel pintar sekarang ini seperti kotak ajaib yang menyimpan segalanya, mulai dari media sosial hingga aplikasi perjalanan.

Tapi tahukah kamu, ada beberapa aplikasi yang tanpa disadari bisa menguras daya baterai Oppo kamu lebih cepat? Mari kita pelajari cara mengidentifikasi dan menangani aplikasi rakus energi tersebut.

Aplikasi yang Dikenal Menguras Baterai

Sejumlah aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan WhatsApp memang memberi kita kenyamanan dan konektivitas, namun mereka juga terkenal akan kehausan baterainya.

Selain itu, aplikasi seperti Snapchat, Zoom, dan Bigo Live juga tercatat dalam daftar yang sama karena fitur live streaming dan video call yang membutuhkan banyak energi.

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Untuk memeriksa aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi baterai di Oppo kamu, ikuti langkah-langkah ini:

Buka menu ‘Setelan’ di HP kamu. Scroll ke bawah sampai menemukan opsi ‘Penggunaan baterai Ponsel’ atau ‘Penggunaan daya’. Di sini kamu akan menemukan daftar aplikasi beserta persentase penggunaan daya masing-masing.

Menghapus atau Menonaktifkan Aplikasi Boros Baterai

Setelah mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak memakan daya, kamu memiliki dua pilihan:

Menghapus Aplikasi:

Buka ‘Setelan’ di HP Oppo kamu. Pilih ‘Manajemen Aplikasi’. Temukan dan pilih aplikasi yang ingin kamu hapus, kemudian klik ‘Hapus Instalasi’.

Menonaktifkan Aplikasi:

Jika tidak ingin menghapus aplikasi, kamu bisa memilih untuk menonaktifkannya. Dengan cara ini, aplikasi tidak akan beroperasi di latar belakang, menghemat RAM dan baterai.

Pertimbangkan Sebelum Menghapus

Perlu diingat, menghapus beberapa aplikasi bawaan sistem bisa menyebabkan masalah fungsi di HP Oppo kamu. Jadi, lakukan dengan bijak dan pertimbangkan apakah aplikasi tersebut benar-benar tidak kamu butuhkan.

Kurangi Penggunaan Widget dan Wallpaper Live

Di era digital saat ini, ponsel kita tidak hanya menjadi alat komunikasi, tapi juga ekspresi diri kita.

Widget dan wallpaper live mungkin membuat layar kita terlihat hidup dan personal, tapi tahukah kamu bahwa kedua fitur ini juga bisa menjadi penjahat tersembunyi yang menguras daya baterai ponsel Oppo atau Android kamu?

Mengapa Widget dan Wallpaper Live Bisa Boros Baterai?

Widget:

Seringkali, widget yang terlihat pasif di layar utama kamu sebenarnya sedang bekerja keras di balik layar. Mereka terus menerus memperbarui informasi, dan jika itu membutuhkan koneksi internet, bayangkan saja berapa banyak energi yang terpakai hanya untuk sekedar memperlihatkan cuaca terkini atau update media sosial.

Wallpaper Live:

Memang sih, wallpaper yang bisa bergerak itu keren banget. Namun, untuk tetap bergerak, mereka membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Animasi yang terus-menerus itu ibarat seniman yang tidak pernah berhenti melukis, tentu saja dia akan lelah, begitu pula dengan baterai kamu.