Cara Ampuh Mengatasi HP Android Hang Saat Main Game

Cara Mengatasi HP Android Hang Saat Main Game – Kali ini alektro mencoba berbagi tentang mengatasi hp atau smartphone android yang ngehang ketika bermain game. Memang sangat menjengkelkan sekali, ketika sedang bermain game favorit, hp atau smartphone kita tiba tiba hang. Pengalaman dan kejadian ini bukan hanya dialami oleh Anda, saya sendiri pun pernah mengalami kejadi tersebut.

Untuk mengatasi masalah hp android hang saat bermain game, setidaknya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan. Akan tetapi, sebelum kita bahasa solusi mengatasi masalah tersebut, alangkah lebih baik kita terlebih dulu mengetahui penyebab hp android hang ketika digunakan bermain game.

Cara Mengatasi HP Smartphone Android Hang saat Bermain Game

Cara Mengatasi HP Smartphone Android Hang saat Bermain Game

Berikut ini mungkin beberapa penyebbab hp android kita hang saat main game.

Memori Penuh

Yang pertama adalah, bisa jadi hp hang karena memori sistem hp sudah penuh, itu akibat memori RAM yang kecil, biasanya RAM 512MB yang sering mengalami hang saat bermain game. Untuk RAM 1 GB sudah lumayan lancar. Selain memori sistem yang penuh sesak, cek juga memori internal dan eksternal hp Anda. Kemungkinan jika kedua memori tersebut penuh, dapat mengakibatkan hp hang.

Koneksi internet tidak stabil

Selanjutnya, penyebab hp android hang saat bermain game adalah koneksi internet yang kurang stabil. Apalagi game yang harus dimainkan secara online. Pastikan koneksi internet hp Anda stabil.

Solusi atau Cara Mengatasi HP Android Hang Saat Bermain Game

Ini mungkin beberapa solusi yang dapat Anda lakukan ketika menemukan masalah seperti saya sebutkan di atas.

– Bersihkan Memori Sistem

Jika memori hp Anda minimalis, pastikan rajin rajin membersihkan memori sistem dari sampah sistem. Gunakan aplikasi cleaner yang bisa Anda download gratis di playstore. Ada banyak pilihan tinggal pilih pilih dan download saja. Pastikan juga memilih aplikasi cleaner yang ringan mengingat kapasitas RAM hp Anda kecil.

Selain itu, jangan paksakan menginstall game yang berukuran jumbo/besar. Karena itu akan membuat hp Anda benar benar hang.

Alangkah lebih baik jika Anda beli hp baru yang memiliki performa dan spesifikasi lebih tangguh untuk bermain game. 😀

– Bersihkan Memori Internal dan Eksternal

Selain membersihkan memori sistem, bersihkan juga memori internal dan eksternal hp Anda. Karena sistem juga butuh waktu membaca seluruh file yang ada di kedua memori tersebut.

– Memastikan Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet Anda benar benar stabil. Koneksi internet buruk akan memperburuk keadaan. Hp hang dan membuat kita jengkel. Gunakan wifi atau pindah lokasi yang membuat koneksi internet membaik.

Bagaimana jika hp hang? Apa yang harus kita lakukan?

Jika hp android Anda terlanjur hang, langkah yang paling memungkinkan adalah dengan cara mematikannya. Tekan tombol power agak lama sampai hp benar benar mati. Dan hidupkan ulang. Jika cara tersebut belum juga berhasil, biasanya saya membuka tutup baterai dan melepas baterainya. Tapi, kebanyakan hp keluaran sekarang memiliki baterai non-removable.

Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi HP Smartphone Android Hang saat Bermain Game. Semoga informasi ini bermanfaat.