Cara mengatasi Android Mati Sendiri

Bagaimana cara mengatasi android mati sendiri – Pengguna smart phone terutama berbasis Android banyak sekali mendapatkan berbagai macam kemudahan untuk segala macam keperluan sepeprti fotograpi, penyimpanan file, keperluan kantor dan yang lainnya. Seiring banyak sekali aplikasi dan juga fitur yang diberikan oleh penyedia jasa hal tersebut harus didukung juga oleh kapasitas hardware yang dimiliki oleh smart phone tersebut karena jika tidak maka HP anda akan mengalami banyak gangguan atau bahkan mati sendiri atau bootloop.

Ada beberapa penyebab kenapa HP android anda mati tiba-tiba dan jug acara mengatasinya.

Cara Mengatasi Android Mati Sendiri

Cara Mengatasi Android Mati Sendiri

  1. Penyebab pertama yakni terjadinya error pada perangkat lunak itu sendiri. Jika agan semua terlalu banyak menjalankan aplikasi hal tersebut menyebabkan OS tidak dapat berfungsi dengan baik pada akhirnya HP mengalami hang dan semua tombol tidak dapat berfungsi sampai pada akhirnya merestart sendiri.
  2. Hardware yang melebihi batas. Seiring berkembangnya dunia teknologi orang orang dapat membuka batasan HP yang mereka miliki dengan cara root. Hal ini dapat menimbulkan masalah karena HP anda bekerja melebihi kapasitasnya sampai bahkan dua kali lipat, sehingga permasalahan timbul dan salah satunya HP sering mati sendiri/restart.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi Android yang mati sendiri?

  1. Hal yang dapat anda lakukan pertama kali yakni melepaskan baterai HP anda dan juga memori eksternal diamkan beberapa saat kemudian baru nyalakan kembali.
  2. Jika tips pertama sudah sering anda lakukan namun HP android anda masih sering mati sendiri maka hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah bersihkan file cache yang aplikasi anda miliki. Caranya dengan masuk setting > Application > all kemudian buka setiap aplikasi yang anda miliki klik tombol “clear cache” dan “clear data”. Atau anda dapat memasang aplikasi pembersih seperti clean master dll.
  3. Ganti memori eksternal anda. Setiap memori eksternal memiliki kelasnya tersendiri. Bukan tentang ukuran atau space yang memori anda memiliki akan tetapi semakin bagus kelas memori eksternal yang anda miliki maka HP android anda akan mudah membaca perintah. Karena salah satu penyebab dari HP mati sendiri yakni gagal membaca memori eksternal sehingga HP mengalami error.
  4. Hapus aplikasi yang jarang anda pakai atau bahkan cenderung tidak penting untuk anda. Pengurangan aplikasi yang digunakan akan membantu mengurangi kinerja HP android anda juga.
  5. Factory reset. Hal ini dapat anda lakukan jika memang HP Android anda masih sering mati sendiri caranya masuk setting > reset factory. Hal ini ampuh karena HP android anda akan kembali pada keadaan dimana anda baru membeli HP tersebut yang terbebas dari berbagai macam aplikasi atau file cache yang spam.
  6. Ganti HP android anda. Jika semua tips yang kami berikan masih belum membantu maka anda harus segera menggganti HP Android karena HP yang anda miliki sekarang tidak dapat mengimbangi kinerja dan juga mobilitas anda.